makalah kel.4

TUGAS MAKALAH

PEMANFAATAN DATABASE DAN IMPLIKASINYA,

JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Dosen  :           Nahot Frastian, S. Kom

Disusun oleh :

Kelompok IV

ROBBY ROCHMATIN                    201243500654            (Kelas H)

ENENG ERNI                                               201243500664            (Kelas H)

BAYU MUHAMMAD P                   201243500699            (Kelas H)

APRIANUS HENDRA LAJA          201243500708            (Kelas H)

TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS INDRAPRASTA (UNINDRA) PGRI

JAKARTA 2012 – 2013

DAFTAR ISI

 

Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………………………      i

Kata Pengantar ……………………………………………………………………………………………………….     ii

Pendahuluan …………………………………………………………………………………………………………..    iii

Bab 1 Pemanfaatan Database dan Implikasinya

  1. Dasar – dasar Database ……………………………………………………………………………………     1
  2. Sistem Manajemen Database ……………………………………………………………………………     2
  3. Komputer dan Pribadi …………………………………………………………………………………….     5

Bab 2 Jaringan dan Telekomunikasi

  1. Dasar – dasar Jaringan …………………………………………………………………………………….     6
  2. Surat Elektronik, Telekonferensi dan Pesan Instan ……………………………………………..   10
  3. Mengubah Teknologi Komunikasi …………………………………………………………………….   20

Kesimpulan ………………………………………………………………………………………………………………   21

Daftar Pustaka ………………………………………………………………………………………………………….   22

KATA PENGANTAR

 

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Tugas Makalah ini dengan tepat waktunya yang berjudul “Pemanfaatan Database dan Implikasinya, Jaringan dan Telekomunikasi”.

Makalah ini berisi tentang pembahasan judul tersebut sehingga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan untuk pembaca dan khususnya kelompok kami.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Akhir kata, kami menucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir penyelesaian. Semoga Allah senantiasa meridhoi segala usaha kita.

Jakarta, 8 Oktober 2012

Kelompok IV

PENDAHULUAN

  1. A.    Latar Belakang

Seringkali kita mendengar kata jaringan atau Internet, sekilas mungkin kita akan berpikir bahwa yang namanya Internet merupakan sebuah jaringan yang sangat besar dan terdiri dari banyak kompuer. Atau bahkan bagi orang yang awam internet sering diartikan sebagai browsing, chatting, dan lain-lain. Pengertian ini merupakan sebuah pandangan yang kurang benar. Karena sebenarnya internet adalah kumpulan dari jaringan-jaringan kecil dan besar yang saling terhubung secara real-time atau terus menerus di seluruh dunia.

Dalam suatu sistem jaringan, dimana seluruh komputer saling berbagi data dan resources satu sama lain sehingga tercapai efisiensi dalam pemanfaatan teknologi, amat dibutuhkan perangkat-perangkat khusus dan instalasi tertentu.

Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini  adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.

  1. B.     Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas kelompok mata kuliah ‘Pengantar Teknologi Informasi’ dalam semester satu, yang diberikan oleh dosen mata kuliah ‘Pengantar Teknologi Informasi’ yaitu Bapak Nahot Frastian, S.Kom.

Dan juga mengetahui atau memahami tentang komputer jaringan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca tulisan ini diharapkan kita bisa lebih memahami teknologi informasi, karena bangsa yang maju adalah bangsa yang menguasai teknologi dan informasi. Dengan memahami jaringan komputer maka akan sangat memudahkan kita dalam menyelesaikan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari.

BAB I

PEMANFAATAN DATABASE DAN

IMPLIKASINYA

  1. A.    Dasar – dasar  Database
    1. Pengertian Database

Database atau basis data adalah  kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik. Ada beberapa pengertian tentang Basis data :

  1. Basis data adalah file – file yang berelasi, relasi tersebut ditunjukkan dengan kunci dari tiap file yang ada untuk digunakan dalam satu lingkup perusahaan atau instansi. (Kristanto, 1994)
  2. Basis data adalah kumpulan file data yang terorganisasi, terintegrasi dan bisa digunakan bersama. (C.J Date, 1981)
  3. Basis data adalah sekumpulan data organisasi untuk melayani banyak aplikasi secara efisien dengan memusatkan data dan mengendalikan data. (Kenneth C. Laudon. Jane P. Louden, 2010)

Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan – catatan atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya : penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan objek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan diantara objek tersebut. [1]

Tujuan dari dibentuknya basis data pada suatu perusahaan pada dasarnya adalah kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan kembali data.

Pada gambar di atas bukan basis data melainkan lemari arsip. Dimana pada setiap rak dalam lemari tersebut dapat menyimpan dokumen – dokumen manual  yang  terdiri dari lembaran – lembaran kertas. Masalah yang dihadapi pada lemari arsip adalah kelambatan dalam menelusuri data – data yang ada pada lemari arsip tersebut, misalkan kita ingin mencari arsip untuk pegawai tertentu dihasilkan dengan lambat dikarenakan petugas harus mencari lembaran – lembaran yang ada pada dokumen tersebut dan ini sangat menyita waktu.

Sedangkan kalau kita bicara basis data, maka seluruh data – data disimpan dalam basis data pada masing – masing table / file sesuai dengan fungsinya, sehingga kita dengan mudah dapat melakukan penelusuran data yang diinginkan hal ini akan mengakibatkan pada kecepatan atas informasi yang disajikan.

Didalam suatu media penyimpanan (hard disk), kita dapat menempatkan lebih dari 1 (satu) basis data dan tidak semua bentuk penyimpanan data secara elektronik dikatakan  basis  data,  karena  kita bisa menyimpan dokumen  berisi  data  dalam  file  teks (dengan program pengolahan kata), spread sheet dan lainnya.

  1. B.     Sistem Manajemen Basis Data

Sistem  basis  data  dapat  diartikan   sebagai   kumpulan   file  /  table yang  saling berhubungan  (dalam  sebuah  basis  data  di  sebuah  sistem  komputer),  dan sekumpulan program (DBMS Database Management System) yang memungkinkan beberapa user (pengguna), dan atau program lain  untuk mengakses dan memanipulasi file (table) tersebut. Komponen – komponen utama dari sebuah sistem basis data adalah sebagai  berikut :

  1. Perangkat keras (hardware)
  2. Sistem operasi (operating system)
  3. Basis data (database)
  4. Sistem (aplikasi/perangkat lunak) pengelola basis data (DBMS)
  5. Pengguna (user)
  6. Aplikasi (perangkat lunak) lain (optional)

Pada gambar di atas sistem manajemen basis data dapat dilihat bahwa basis  data  pada intinya adalah  disimpan  pada  media  penyimpanan  elektronik  (hard disk),  sedangkan data base adalah terdiri dari beberapa file / table yang saling berelasi (berhubungan). Basis data tersebut dikelola oleh DBMS (database management system) dan database tersebut dapat dimanfaatkan  oleh beberapa user (pengguna) yang dapat melakukan manipulasi pada database. Tidak semua user dapat melakukan manipulasi data di dalam database, hal ini diatur sesuai dengan hak aksesnya.

  1. Sistem Pengelola Basisdata

Pengelolaan basis data secara fisik tidak ditangani langsung oleh user (pengguna),  tetapi  ditangani  oleh  sebuah  perangkat  lunak  (sistem)  yang  khusus  atau spesifik.

Perangkat  inilah  disebut  DBMS,  yang  akan  menentukan  bagaimana  data diorganisasi,   disimpan,   diubah,  dan  diambil  kembali.   Perangkat   tersebut   juga menerapkan   mekanisme   pengamanan   data  (security),   pemakaian   data  secara bersama (sharing data), pemaksaan keakuratan / konsistensi data dan sebagainya. Perangakat  lunak  yang  termasuk  DBMS  adalah  MS-Access,  Foxpro,  Dbase-IV, Foxbase, Clipper, dan lainnya untuk kelas sederhana, dan Oracle, Informix, Sybase, MS-SQL Server, dan lainnya untuk kelas kompleks / berat.

  1. Pengguna (user)

Ada beberapa jenis / tipe pengguna pada sistem basis data, berdasarkan cara mereka berinteraksi pada basis data, diantaranya adalah :

1)      Programmer Aplikasi

Adalah pemakai yang berinteraksi dengan basis data melalui  DML (data manipulation  language),  yang disertakan dalam program yang ditulis dalam bahasa pemrograman induk (pascal, cobol, clipper, foxpro dan lainnya).

2)      User Mahir (casual user)

Adalah pengguna yang berinteraksi dengan sistem tanpa menulis modul program.  Mereka menyatakan query (untuk akses data), dengan bahasa query yang telah disediakan oleh suatu DBMS.

3)      User Umum (End User)

Adalah pengguna yang berinteraksi  dengan sistem basis data  melalui pemanggilan satu program aplikasi permanen, yang telah ditulis / disediakan sebelumnya.

4)      User Khusus (Specialized User)

Adalah  pemakai  yang  menulis  aplikasi  basis  data  non konvensional  untuk keperluan khusus,  seperti  untuk aplikasi AI, Sistem Pakar, Pengolahan Citra, dan lainnyal, yang bisa saja mengakses basis data dengan/ tanpa DBMS.

Untuk sebuah sistem basis data yang stand-alone,  maka pada suatu saat hanya ada satu pemakai, sedangkan  untuk jaringan pada suatu saat ada banyak pemakai  yang dapat berhubungan  (menggunakan)  basis data yang sama. Pilihan untuk  stand-alone atau  jaringan  (multiuser)  tergantung   pada (ditentukan  oleh) kebutuhan pemakai, perangkat keras yang tersedia, sistem operasi yang digunakan, serta DBMS yang dipilih.[2]

  1. C.    Komputer dan Pribadi

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri, asal mulanya pengolahan informasi hampir ekslusif berhubungan masalah aritmatika, tetapi computer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Komputer pribadi pertama kali digunakan di majalah New Scientist pada tahun1964 dalam artikel berseri yang berjudul “ The World in 1984 “. Dalam “ The Banishment of Paper Work, Arthur L. Samuel dari pusat penelitian Watsonya IBM menulis, “ Meskipun mungkin saja kita dapat memperoleh pendidikkan di rumah melalui PC orang tersebut sendiri, sifat asli manusia tetap tak akan berubah.”

Generasi pertama mikrokomputer mulai bermunculan pada tahun 70-an. Namun begitu, ia tidak berkemampuan tinggi, dan kurang cakap dibandingkan dengan computer bisnis pada waktu itu, sehingga hanya digunakan oleh peminat computer, atau hanya untuk permainan elektronik serta penggunaan bulletin board system.  Mikroprosesor yang pertama dipakai adalah PC IBM adalah intel 4004 yang dikeluarkan pada 15 Nopember 1971.[3]

BAB II

JARINGAN KOMPUTER DAN

TELEKOMUNIKASI

  1. A.    Dasar – dasar Jaringan

Jaringan adalah kumpulan dari sistem komputer yang saling terhubung satu sama lain. Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware / software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling berhubungan di antara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya ; CDROM, Printer, pertukaran data atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.

Telekomunikasi adalah kumpulan hardware dan software yang menerima atau mengirimkan informasi dari satu sistem informasi ke sistem informasi lainnya.

  1. Jenis-jenis Jaringan :

Ada 3 macam jenis Jaringan, yaitu :

  1. Local Area Network (LAN) atau Jaringan Area Lokal

Jaringan Area Lokal adalah  jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti; jaringan komputer kampus, gedungkantor, dalam rumahsekolah atau yang lebih kecil.

  1. Metropolitan Area Network (MAN) atau Jaringan Area Metropolitan

Jaringan Area Metropolitan adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoranpemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor.

  1. Wide Area Network atau Jaringan area Skala Besar

Jaringan area Skala Besar jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.[4]

  1. Topologi Jaringan

Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

  1. Topologi Bus

Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus. Transmisi sinyal dari suatu sentral tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. Hal ini berbeda sekali dengan yang terjadi pada topologi jaringan mesh atau bintang, yang pada kedua sistem tersebut dapat dilakukan komunikasi atau interkoneksi antar sentral secara bersamaan. topologi jaringan bus tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar sentral, tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer.

  • Keuntungan :
  1. Hemat kabel
  2. Layout kabel sederhana
  3. Mudah dikembangkan
  • Kerugian :
  1. Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
  2. Kepadatan lalu lintas
  3. Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
  4. Diperlukan repeater untuk jarak jauh
  5. Topologi Token Ring

Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa lamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.

  • Keuntungan :
  1. Hemat Kabel
  • Kerugian :
  1. Peka kesalahan
  2. Pengembangan jaringan lebih kaku
  1. Topologi Star

Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.

  • Keuntungan :
  1. Paling fleksibel
  2. Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
  3. Kontrol terpusat
  4. Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
  5. Kemudahaan pengelolaan jaringan
  • Kerugian :
  1. Boros kabel
  2. Perlu penanganan khusus
  3. Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
  4. Topologi Peer-to-Peer Network

Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan. Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium IV, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan.

  1. Topologi Jaringan Cincin (Ring)

Untuk membentuk jaringan cincin, setiap sentral harus dihubungkan seri satu dengan yang lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup. Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi dengan sentral yang berdekatan maupun berjauhan. Dengan demikian kemampuan melakukan switching ke berbagai arah sentral. Keuntungan dari topologi jaringan ini antara lain : tingkat kerumitan jaringan rendah (sederhana), juga bila ada gangguan atau kerusakan pada suatu sentral maka aliran trafik dapat dilewatkan pada arah lain dalam sistem.

  1. Manfaat Jaringan
    1. Resource Sharing

Dapat menggunakan sumber daya yang ada secara bersama – sama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.

  1. Reliabilitas Tinggi,

Dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.

  1. Menghemat uang.

Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari computer pribadi.

  1. B.     Surat Elektronik, Telekonferensi dan Pesan Instan
    1. Surat Elektronik

Surat elektronik (disingkat ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau surat digital atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggrise-mail atau email” (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet.

Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per-pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan ‘mainframe‘ yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Anatomi Ratel, sebagai contoh:

emailsaya@surabaya.vibriel.net.id

  • Keterangan:
  1. email saya                                   : nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver.
  2. surabaya.vibriel.net.id   : nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya:
  3. surabaya                         : subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu komputer dalam lingkungan pemilik domain.
  4. vibriel                              : nama domain, biasanya menunjukkan nama perusahaan/organisasi/perorangan (Vibriel).
  5. net                                               : second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori networking (net).
  6. id                                     : top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain Indonesia (id).
  7. Metode Pengiriman

Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa point sebelum sampai di tujuan. Untuk lebih jelasnya lihat diagram dibawah. Contoh yang dipakai adalah layanan SMTP dan POP3.

“Saya menulis surel → e-mail client (di komputer saya) → SMTP server penyedia e-mail saya → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat dibaca si penerima.”

Terlihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 point (selain komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkrip) data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain).

  1. Cara Membaca Surat Elektronik

Surat elektronik pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu surat elektronik gratis. Surat elektronik yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.  Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik:

  1. Menggunakan browser‘, seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox.

Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.

  1. Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt.

Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.

  1. Etika Penggunaan Surat Elektronik

Etika dalam surat elektronik sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada surat elektronik yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:

  1. Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat elektronik penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia surat elektronik juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya,
  2. Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
  3. Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
  4. Dalam mengutip tulisan orang lain, selalu usahakan mengutip seperlunya, jangan mau gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu:
    1. dalam menjawab surat elektronik orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja, selain lebih jelas juga tidak memakan waktu / jatah akses penerima,
    2. dalam mengutip tulisan orang ketiga, ingat hak cipta: kutip sesedikit mungkin dan rujuk ke tulisan aslinya.
    3. Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
    4. Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
    5. Keamanan

Keamanan data di surat elektronik tidaklah terjamin dan selalu ada resiko terbuka untuk umum, dalam artian semua isinya dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini disebabkan oleh karena surat elektronik itu akan melewati banyak server sebelum sampai di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap surat elektronik yang dikirimkan tersebut.

Surat elektronik dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang tertuju dapat mendekripsi dan membaca surat elektronik tersebut. Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut).

  1. Lampiran

Dalam surat elektronik, lampiran (bahasa Inggris: attachment) adalah berkas (file) yang dikirim bersama-sama dengan surat elektronik (email atau surel). Berbeda dari lampiran surat biasa, lampiran surel dapat berbentuk file apa saja, contoh:

  1. gambar (*.jpg)
  2. video (*.mpg)
  3. dan lagu (*.wav).

Adanya lampiran pada surel akan membuat ukuran surel bertambah besar. ISP atau jasa webmail di luar umumnya membatasi berapa ukuran maksimum setiap surel.

Lampiran-lampiran berjenis tertentu, misalnya *.txt, *.wrd, dan *.html, dapat dikompres terlebih dahulu agar ukuran lampiran menjadi kecil.

  1. Milis

Milis (bahasa Inggris: mailing list) atau senarai adalah group diskusi di internet dimana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Kita dapat membaca surat orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, senarai adalah sebuah daftar alamat alamat pos-el yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.

Jika seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, terserah kita apakah kita ingin membalas suratnya, mengirim surat baru atau hanya membaca tanpa ikut berdiskusi.

Setiap kali kita atau orang lain membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM’s) atau Mail Servers.

Berdasarkan topik diskusi, senarai ada bermacam-macam. Ada senarai umum, ada senarai yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.

Penyedia layanan senarai yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.[5]

  1. Telekonferensi
    1. Pengertian Telekonferensi

Telekonferensi dalam telekomunikasi merupakan pertemuan berbasis elektronik secara langsung (live) di antara dua atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi yang biasanya berupa saluran telepon. Penggunaan telekonferensi memiliki kelebihan efektivitas biaya dan waktu. Telekonferensi dapat berbentuk konferensi audio atau konferensi video.[6] Konferensi audio merupakan salah satu jenis telekonferensi dimana seseorang dapat melakukan percakapan interaktif didalamnya. Dengan audio-konferensi ini, seseorang dapat berbicara dengan lebih dari satu orang melalui speaker. Dalam konferensi video, para partisipannya dapat saling melihat gambar (video) dan saling mendengar, melalui peralatan kamera, monitor, atau pengeras suara masing masing.

Secara harfiah diartikan konferensi atau rapat jarak jauh, artinya pertemuan jarak jauh antara beberapa orang yang fisiknya berada pada lokasi yang berbeda secara geografis. Diskusi bisa dilakukan secara realtime dan interaktif dengan dukungan infrastruktur jaringan serta perangkat multimedia.

  1. Implementasi

Implementasi dari teknologi telekonferensi yaitu dengan menggunakannya teknologi ISDN dimana ISDN menyediakan jaringan hubungan digital untuk mendukung layanan telekomunikasi baiks uara maupun gambar. Padadasarnya teleconference merupakan pengembangan dari jaringan komunikasi telepon yang sudah dikembangkan hanya saja model ini masih belum terla luluas dipakai pada pasar telekomunikasi dikarenakan biaya dan peralatan yang cukup mahal.

Dari sisi akses terhadap teknologi ini dapat kita ulas ebagai berikut :

Layanan ISDN mempunyai dua tipe akses, yaitu :

  1. Basic Rate Acces (BRA) yang dapat mengakses (2B D)
  2. dan Primary Rate Acces (PRA) yang dapat mengakses (30B D)

Dimana kanal B mempunnyai kecepatan akses 64 kbps dan kanal D 64 kbps atau 16 kbps tergantung pada tipe akses yang digunakan . Kanal D pada PRA untuk Signal ling dan kanal B sebagai Sinyal informasi paket switch.

  1. Bentuk Telekonferensi
    1. Konferensi audio:  seseorang hanya dapat melakukan percakapan interaktif.
  1. konferensi video: dapat saling melihat gambar (video) dan saling mendengar, melalui kamera, monitor, atau speaker.
  1. Manfaat Telekonferensi
    1. Efisiensi waktu

Dengan pemanfaatan teknologi ini kita bisa menghemat waktu yang dibutuhkan untuk Meeting di suatu tempat hingga 50 %. Contoh : Pak.Udin dari Jakarta hendak melakukan perjalanan meeting ke Bandung, Berapa lama waktu yang dibutuhkan ?

  1. Metode konvensional

Jarak dari Jakarta – Bandung 150 km dan bisa ditempuh +/- 2,5 jam dengan mobil. Waktu yang dibutuhkan untuk meeting 2,5jam. Setelah selesai meeting, Pak.Udin harus berjalan lagi +/- 2,5 jam untuk menempuh perjalanan pulang Bandung – Jakarta Jadi, total waktu yang dibutuhkan untuk melakukan meeting di Bandung adalah 7,5 jam.

  1. Metode Telekonferensi

Waktu yang dibutuhkan untuk meeting Pak Udin Ceramah selama 2,5jam. Persiapan alat untuk melakukan telekonferensi 30 menit. Jadi, total waktu keseluruhan yang dibutuhkan Pak Udin hanya 3jam.  Dari contoh ini menunjukkan bahwa dengan teknologi teleconference ini, Pak Udin dapat menghemat waktunya untuk melakukan meeting di suatu tempat yang jauh > 50 %.

  1. Efisiensi Biaya

Dengan teknologi ini, kita  juga bisa menghemat biaya yang dibutuhkan untuk meeting, terutama di tempat yang jauh. Hal ini karena meeting bisa dilakukan dari mana saja tanpa harus datang ke tempat meeting tersebut. Contoh : Pak.Udin dari Jakarta hendak melakukan perjalanan meeting ke Bandung,   Berapa banyak biaya yang dibutuhkan ?

  1. Metode konvensional

Jarak dari Jakarta – Bandung 150 km. anggap ratio pemakaian bahan bakar mobil 1 : 10 km. jadi, bahan bakar yang dibutuhkan untuk pergi dan pulang adalah 30 liter x @ Rp. 9.500 (pertamax) = Rp. 285.000,- Belum lagi beaya untuk jalan tol dan konsumsi.

  1. Metode Telekonferensi

Biaya koneksi melalu internet dengan menggunakan SPEEDY per jam @ Rp. 4,000 x 2 tempat ( karena setiap tempat harus tersambung dengan jalur internet ) = Rp. 8,000. Jadi total penghematannya sebesar +/- 92 % dari metode konvensional.

  1. Mengurangi Risiko

Teknologi ini membantu kita untuk mengurangi risiko – risiko yang mungkin terjadi dalam usahanya untuk melakukan perjalanan meeting. Risiko itu antara lain :

  1. Risiko perjalanan jauh dengan pesawat, mobil.
  2. Risiko kesehatan : sakit, kelelahan,
  3. Risiko Kecelakaan : kecelakaan lalu lintas karena menempuh perjalanan jauh, akses jalan yang tidak bagus, dll
  4. 4.      Risiko lain seperti terburu – buru sehingga lupa apa yang disampaikan atau tertinggal materi yang hendak disampaikan karena waktu yang mendesak, tegang, dll.
  5. Pesan Instan
    1. Pengertian Pesan Instan

Pesan instan atau pengolah pesan cepat (biasanya disebut dengan IM atau Instant Messenger) merupakan perangkat lunak yang memfasilitasi pengiriman pesan singkat (instant messaging), suatu bentuk komunikasi secara langsung antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik. Teks dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan, misalnya Internet. Setelah penggunaan surel (email) yang mengubah cara orang berkomunikasi dari cara konvensional untuk mengirimkan surat, teknologi pengiriman pesan singkat (instant messaging) diciptakan untuk menutupi kelemahan surel yang kadang-kadang kurang cepat dan tidak waktu nyata (real-time).[7]

Pengiriman pesan singkat memiliki beberapa fitur, di antaranya :

  1. Pesan singkat (Instant messages): Mengirimkan pesan kepada orang yang sedang daring secara waktu nyata.
  2. Obrolan (Chat): Menciptakan ruang obrolan (chat room) atau ruang diskusi dengan beberapa orang.
  3. Tautan web (Web links): Berbagi pranala mengenai situs web favorit.
  4. Video: Berbagi video.
  5. Gambar (Images): Berbagi gambar.
  6. Berkas (Files): Berbagi berkas komputer.
  7. Bicara (Talk): Berfungsi seperti layaknya telepon.
  8. Fasilitas dalam genggaman (Mobile capabilities): Mengirimkan pesan instan melalui telepon gengam.
  9. Daftar Pengirim Pesan Isntan

Berikut adalah daftar beberapa program pengirim pesan instan :

  1. AIM (Aol Instant Messanger)
  2. IM (Instant Messanger)
  3. Windows Live Messanger
  4. Yahoo Messanger
  5. Skype
  6. Jebber
  7. Camfrog
  8. Meebo
  9. Blackberry Messanger
  10. Whats app dll.
  1. C.    Mengubah Teknologi Komunikasi

Pada hakikatnya teknologi diciptakan, sejak dulu hingga sekarang ditujukan untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, baik pada saat manusia bekerja, berkomunikasi, bahkan untuk mengatasi berbagai persoalan yang timbul di masyarakat. Teknologi komunikasi tidak hanya membantu dan mempermudah manusia tetapi juga menawarkan cara-cara baru di dalam melakukan aktivitas-aktivitas tersebut sehingga dapat mempengaruhi budaya masyarakat yang sudah tertanam sebelumnya.

Budaya atau kebudayaan adalah kerangka acuan perilaku bagi masyarakat pendukungnya yang berupa nilai-nilai (kebenaran, keindahan, keadilan, kemanusiaan, kebijaksanaan, dll ) yang berpengaruh sebagai kerangka untuk membentuk pandangan hidup manusia yang relatif menetap dan dapat dilihat dari pilihan warga budaya itu untuk menentukan sikapnya terhadap berbagai gejala dan peristiwa kehidupan.

Karena perkembangan teknologi komunikasi demikian cepatnya, budaya sering tertinggal oleh kecepatan perkembangan teknologi.[8]

  • Orang-orang yang mengubah Dunia dalam Teknologi Komunikasi
  1. Mark Zuckerberg

Ketika menciptakan situs jejaring social  Facebook Mark Zuckerberg baru berusia 19 tahun. Ia membuat Facebook untuk membantu membangun Jaringan social bagi remaja di kampusnya saat itu, Universitas Harvard, Amerika Serikat.

  1. Steve Shih Chen (Taiwan-AS, Jawed Karim (Jerman-AS) dan Chad Hurley (AS)

Keduanya adalah pencipta dari situs “berbagi video online”, YouTube. Mereka mendirikian YouTube pada tahun 2005. Ketika itu Chad berusia 28 tahun dan Steve 27 tahun.

Pada tahun 2006, YouTube diakuisisi oleh Google. Nilainya : 1,65 miliar dollar AS (16,9 triliun).

KESIMPULAN

Database atau basis data adalah  kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik. Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan – catatan, atau potongan dari pengetahuan. Tujuan dari dibentuknya basis data pada suatu perusahaan pada dasarnya adalah kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan kembali data.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer pribadi pertama kali digunakan di majalah New Scientist pada tahun1964 dalam artikel berseri yang berjudul “ The World in 1984 “.

Jaringan adalah kumpulan dari sistem komputer yang saling terhubung satu sama lain. Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data.

Telekomunikasi adalah kumpulan hardware dan software yang menerima atau mengirimkan informasi dari satu sistem informasi ke sistem informasi lainnya.

DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org

http://id.m.wikipedia.org/wiki/basis_data

www.didiksetiayadi.com

http://id.m.wikipedia.org/wiki/komputer

http://sarim240883.blogspot.com/2009/03/surat-elektronik.html

Mirabito, Michael dan Morgenstern, Barbara. “The New Communication Technology”. USA : Elsevier, halaman 219.

Gene J. Koprowski. “Isntant Messaging Brew by Nearly 20 percent in 2005.

http://myaa.blogdetik.com/2008/10/23/peranan-perkembangan-teknologi-telepon-seluler-dalam-mengubah-perilaku-dan-budaya-antar-individu/

http://sadhitya.blogspot.com

http://www.ai3.itb.ac.id/Tutorial/LAN.html

http://www.w3.org/TR/REC-html40

http://www.ilmukomputer.com

http://www.ilmukomputer.org

 


[6] Mirabito, Michael dan Morgenstern, Barbara. “The New Communication Technology”. USA : Elsevier, halaman 219.

[7] Gene J. Koprowski. “Isntant Messaging Brew by Nearly 20 percent in 2005.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s