makalah kel.2

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

MAKALAH DASAR-DASAR PERANGKAT KERAS

DAN PERANGKAT LUNAK

DISUSUN OLEH ;

KELOMPOK 2

  1. CAHYO ADY SAPUTRO                201243500655
  2. ABDUL RAHMAN                           201243500681
  3. HARDI DESTU PRATAMA            201243500680

Dosen : Nahot Frastian,S.kom

KELAS 1XH

TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

DAFTAR ISI

 

COVER MAKALAH……………………………………………………………………….

DAFTAR ISI…………………………………………………………………………….….

BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………….….

1.1  Alasan pemilihan judul………………………………………………………….…

1.2  Latar belakang ………………………………………………………………….……..

BAB II  DASAR-DASAR PERANGKAT KERAS (HARDWARE)………….………….

1.1  Kerja computer………………………………………………………………………..

1.2  Tentang bit dan byte…………………………………………………………………..

1.3  Inti dari komputer……………………………………………………………………..

1.4  Memory komputer…………………………………………………………………….

1.5  Alat input……………………………………………………………………………..

1.6  Alat output……………………………………………………………………………

1.7  Alat penyimpanan…………………………………………………………………….

1.8  Sistem komputer………………………………………………………………………

BAB III  PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)…………………………………………

1.1  Pemrosesan dengan program

1.2  Aplikasi software

1.3  Sistem software

1.4  Interface penggunanya

1.5  Pengertian OS pada komputer

BAB IV KESIMPULAN…………………………………………………………………..

DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  ALASAN PEMILIHAN JUDUL

Alasannya adaalah karena Hardware dan software adalah komponen utama terbentuknyacomputer,tanpa adanya hardware dan software kita tidak akan pernah mengenal namanya computer.Oleh sebab itu di sini kita akan membahas tentang kedua jenis perangkat computer tersebut,sehingga kita bisa lebih mengetahui apa itu hardware dan software.

1.2 LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi komputer saat ini telah menghasilkan pencapaian yang sangat signifikan, baik dari segi perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Hal ini didorong oleh semakin tingginya kebutuhan manusia akan pengolahan informasi serta kebutuhan akan kemudahan, kecepatan, dan ketepatan dalam melakukan kegiatan sehari-hari maupun dalam dunia kerja.Mulai dari pemakaian yang biasa seperti kegiatan perkantoran, belajar mengajar sampai dengan kegiatan yang membutuhkan spesifikasi hardware dan softwareyang tinggi seperti kegiatan mengelola data perbankan, akuntansi, pengolahan audio, video, pengolahan citra, enkripsi data dan jaringan komputer. Dalam proses perkembangannya, teknologi hardware dan software disesuaikan dengan kebutuhan manusia yang semakin kompleks dan penuh dengan persyaratan.

Khususnya pada perkembangan teknologi perangkat lunak jaringan komputer.Dimana saat ini kebutuhan terhadap komunikasi dan memperoleh informasi menjadi sebuah perkembangan yang sangat diminati.Pemanfaatan teknologi jaringan komputer ini memperbolehkan manusia untuk berkomunikasi dengan murah dan mendapatkan informasi dan data yang diinginkan dengan mudah.Muncul dan berkembangnya teknologi jaringan yang telah dipakai saat ini tidak lepas dari pengembangan metode-metode seperti Distributed Computing, Parallel Computing, Grid Computing, maupun Cluster Computing.DistributedComputing berhubungan dengan sistem hardware dan software yang berisi lebih dari satu elemen pemroses atau elemen penyimpanan (storage), proses concurrent, beberapa progam, yang berjalan dibawah suatu pengaturan maupun secara bebas.Parallel Computing adalah bentuk dari komputasi dimana banyak proses dikerjakan secara simultan, yang bekerja berdasarkan prinsip bahwa masalah yang besar dapat dibagi-bagi menjadi masalah yang kecil-kecil, yang

dapat dipecahkan secara concurrent. Cluster Computing adalah sebuah group komputer yang saling terhubung, saling bekerja sama sehingga dalam hubungan tersebut membentuk sebuah komputer tunggal. Grid computing adalah aplikasi dari beberapa komputer digunakan untuk memecahkan satu masalah dalam pada waktu yang sama, biasanya digunakan untuk memecahkan masalah ilmiah atau teknis yang memerlukan pemroses dengan jumlah yang sangat besar atau mengakses data dengan jumlah sangat banyak.

 

 

 

BAB II

DASAR-DASAR PERANGKAT KERAS

Komputer merupakan sekumpulan peralatan elektronik yang saling berkaitan antara komponen satu dan komponen yang lainnya sehingga dapat digunakan untuk memasukkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi.

Agar dapat digunakan untuk memproses data diperlukan dua perangkat yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, yaitu :

1. Perangkat keras komputer (hardware)

Hardware (perangkat keras) komputer, tidak akan dapat digunakan tanpa kita beri perintah dengan suatu kode atau bahasa pemrograman tertentu, atau yang sering disebut sebagai Software Komputer (perangkat lunak).

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya.

Agar dapat digunakan untuk memasukkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi maka paling sedikit perangkat komputer harus terdiri dari keyboard, CPU (Central Processing Unit), monitor, dan printer.

1.1 KERJA KOMPUTER

Cara kerja komputer secara garis besar terbagi ke dalam tiga golongan yaitu :

  1. Input, yaitu Media yang digunakan untuk memasukan data ke dalam process, media ini seperti Keyboard,Mouse,Tave Recorder, HandyCam, CAM dan lain-lainnya
  2. Process, yaitu suatu alat yang digunakan untuk memproces data dari Input yang nantinya akan di keluarkan ke system Output. Proces ini berperan penting dalam system Komputer. Media untuk process yang sudah menjadi system yang utuh yaitu biasa kita kenal dengan Mainboard atau sering disebut dengan Motherboard. dimana di dalam mainbord ini sudah termasuk di dalamnya yaitu CPU (Central Processing Unit), biasanya orang menyebut CPU itu adalah sudah dalam satu kemasan beserta Casingnya yang berbentuk kotak yang lengkap didalam nya. Sebenarnya jantung dari semua proces data itu terletak pada inti yang bernama yaitu Processor, Processor ini merupakan komponen Elektronika yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkainlogika di dalamnya. contoh processor misalnya Pentium 1, pentium 2, sampai dengan pentium 4 dan yang lebih populer sekarang ini pentium Core 2 duo atau core Duo.
  3. Output, yaitu media keluaran dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, media Output ini berupa PRinter, Plotter, dl secara garis besar

prinsip kerja ini dapat dilihat pd gambar di bawah ini :

data yang datang pada media Input merupakan data digital yang Merupakan bilangan Biner (yaitu bilangan yang habis di bagi dengan dua) dimana bilangan ini hanya mengenal angka 0 dan 1. data yang datang ke proces merupakan kombinasi dari angka 0 dan 1, yang berbentuk 8 bit data, atau 16 bit atau juga 32 bit,tergantung dari sistem komputer yang digunakan dan processornya pun demikian 8 bit, 16 bit atau 32 bit, BIT (Binary Digit).

1.2 TENTANG BIT,BYTE DAN BUZZWORD

Bit

 

satuan paling dasar dalam jaringan komputer, atau bagian dalam komputer. Pada dasarnya bilangan bit merupakan perwakilan aliran listrik, yakni hanya ada 2 saja yaitu 1 dan 0, yang bisa disebut 1 = ada listrik dan 0 = tidak ada listrik.

Byte

 

ini baru satuan paling dasar komputer. 1 byte terdiri dari 8 bit. Oleh karena itu 1 byte bisa mewakili angka sampai 255, (kalau dijelaskan panjang, karena hubungan ama matematika, singkatnya bilangan 15 desimal = 1111 dalam bilangan bit). byte bisa juga mewakili 1 karakter komputer.

Contoh perhitungan bit dengan byte:

Misalkan anda memiliki sebuah file yang terdiri dari 100.000 kata dan anda ingin tahu berapa lama kita bisa mendownload file tersebut melalui internet yang memiliki koneksi 33.600 bps.
Asumsikan dalam setiap kata terdiri dari 5 huruf/karakter. Berarti jika ada 100.000 kata, maka anda memiliki 500.000 huruf/karakter
Setiap karakter terdiri dari 1 Byte, berarti anda memiliki 500.000 Byte
Setiap Byte terdiri dari 8 bit, berarti 500.000 Byte yang anda miliki bernilai 500.000 x 8 = 4.000.000 bit
Selanjutnya 4.000.000 bit yang anda miliki dibagi dengan 33.600 = 119 detik
Artinya waktu anda untuk mendownload file yang memiliki 100.000 kata kurang lebih 119 detik (2 menit) dengan kecepatan akses 33.600 bps
Dalam jaringan komputer, biasanya Byte dan bit dipakai utk menggambarkan kecepatan transfer/download data.

Satuan KBps (KiloByte/second) dipakai jika data di sini secara umum memakai Byte untuk satuannya (contohnya seperti protokol-protokol yang ada pada level aplikasi seperti http,ftp,smtp,dsb).
Sedangkan kbps (kilobit/second) dipakai jika data yang ditransfer memakai bit untuk satuannya (contohnya adalah protokol-protokol layer 2 ke bawah seperti ethernet yang mentransfer data dalam frame-frame).
Itu sebabnya kecepatan sebuah modem tertulis = 33.6 kb/s (karena modem termasuk dalam protokol layer 2 kebawah seperti halnya ethernet), sedangkan saat kita mendownload sebuah file, maka browser akan memperlihatkan (misal) 3 KB/s (karena browser terkoneksi dengan protokol http/ftp).

Buzzword

Buzzword adalah aplikasi pengolahan data berbasis web.

1.3 INTI DARI KOMPUTER

Central processing unit (CPU)

Inti komputer yang berfungsi sebagai kendali utama komputer.Segala sesuatu yang dikerjakan
komputer, berada dibawah pengawasan CPU. Istilah lain CPU adalah Microprocessor, yaitu mesin komputasi lengkap yang disusun pada sebuah chip. Microprocessor pertama adalah Intel 4004 yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1971.Processor ini tidak terlalu “hebat”, yang bisa dilakukannya ‘hanya’ penjumlahan dan pengurangan saja.Processor 4004 digunakan pada kalkulator elektronik pertama.Processor pertama yang dibuat untuk home computer adalah Intel 8080, mulai diperkenalkan pada tahun 1974. Seiring waktu dan perkembangan teknologi, jenis processor ini berkembang mulai 8088, 80286, 80386, 80486, Pentium, Pentium II, Pentium III, dan yang terakhir adalah Pentium 4 yang memiliki kecepatan 5000 kali lebih cepat dibandingkan dengan 8088. Saat ini disain processor modern sudah menggunakan teknologi dua inti (core 2).CPU, singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya.Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal.Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.
Pin mikroprosesor Intel 80486DX2.

Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut:

1. Unit kontrol (Control Unit)
Unit kontrol ini adalah bagian dari prosesor yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini terdapat dalam semua CPU.CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya.termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU (Aritmathic Logic Unit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.

 Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
• Mengawasi kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.

2. Register
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. jika dianalogikan, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

3. ALU
ALU merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).
* CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.

Cara Kerja CPU

Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

Fungsi CPU

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya.Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer.Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai

 

1.4 MEMORY KOMPUTER

Memory adalah media atau perangkat yang memiliki fungsi sebagai pengolah data dan instruksi.Semakin besar kapasitas atau ruang yang terdapat di memory, maka semakin banyak pula data yang bisa diolah.Berbeda halnya dengan processor, memory hanya berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. Sebagai ilustrasi, kita meminta agar komputer kita memutar lagu, lalu kita pilih lagu yang akan kita putar, dan setelah kita memilih dan memerintahkan pada komputer untuk memutarnya, maka data yang anda pilih tadi akan di bawa ke memory untuk diproses oleh processor. Itu salah satu Penyebab crash pada PC, contoh, kita membuka banyak aplikasi diwaktu yang bersamaan, maka komputer akan mengalami crash. Karena jumlah data yang akan diproses melebihi kapasitas memory itu sendiri. Itu sebabnya mengapa aplikasi membutuhkan space memory. Contoh untuk membuka Photoshop CS kita membutuhkan free space memory sebesar 128-256Mb. Dan bila memory yang kita gunakan sangat kecil maka kemungkinan terjadi crash akan sangat besar.

Jenis – Jenis Memory diantaranya:

Random-access memory (RAM)

RAM adalah memori dimana data atau program yang terdapat didalamnya dapat dibaca dan dirubah. RAM digunakan sebagai media penyimpanan data sementara yang sedang dikerjakan oleh komputer.

RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory ditemukan oleh Robert Dennard dan diproduksi secara besar – besaran oleh Intel pada tahun 1968, jauh sebelum PC ditemukan oleh IBM pada tahun 1981.Dari sini lah perkembangan RAM bermula. Pada awal diciptakannya, RAM membutuhkan tegangan 5.0 volt untuk dapat berjalan pada frekuensi 4,77MHz, dengan waktu akses memori (access time) sekitar 200ns (1ns = 10-9 detik).

DRAM

Pada tahun 1970, IBM menciptakan sebuah memori yang dinamakan DRAM.DRAM sendiri merupakan singkatan dari Dynamic Random Access Memory.Dinamakan Dynamic karena jenis memori ini pada setiap interval waktu tertentu, selalu memperbarui keabsahan informasi atau isinya.DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara 4,77MHz hingga 40MH.

FPRAM

Fast Page Mode DRAM atau disingkat dengan FPM DRAM ditemukan sekitar tahun 1987. Sejak pertama kali diluncurkan, memori jenis ini langsung mendominasi pemasaran memori, dan orang sering kali menyebut memori jenis ini “DRAM” saja, tanpa menyebut nama FPM. Memori jenis ini bekerja layaknya sebuah indeks atau daftar isi. Arti Page itu sendiri merupakan bagian dari memori yang terdapat pada sebuah row address. Ketika sistem membutuhkan isi suatu alamat memori, FPM tinggal mengambil informasi mengenainya berdasarkan indeks yang telah dimiliki. FPM memungkinkan transfer data yang lebih cepat pada baris (row) yang sama dari jenis memori sebelumnya. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16MHz hingga 66MHz dengan access time sekitar 50ns. Selain itu FPM mampu mengolah transfer data (bandwidth) sebesar 188,71 Mega Bytes (MB) per detiknya.
Memori FPM ini mulai banyak digunakan pada sistem berbasis Intel 286, 386 serta sedikit 486.

EDORAM

Pada tahun 1995, diciptakanlah memori jenis Extended Data Output Dynamic Random Access Memory (EDO DRAM) yang merupakan penyempurnaan dari FPM. Memori EDO dapat mempersingkat read cycle-nya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya sekitar 20 persen. EDO mempunyai access time yang cukup bervariasi, yaitu sekitar 70ns hingga 50ns dan bekerja pada frekuensi 33MHz hingga 75MHz. Walaupun EDO merupakan penyempurnaan dari FPM, namun keduanya tidak dapat dipasang secara bersamaan, karena adanya perbedaan kemampuan.
Memori EDO DRAM banyak digunakan pada sistem berbasis Intel 486 dan kompatibelnya serta Pentium generasi awal.

SDRAM PC66

Pada peralihan tahun 1996 – 1997, Kingston menciptakan sebuah modul memori dimana dapat bekerja pada kecepatan (frekuensi) bus yang sama / sinkron dengan frekuensi yang bekerja pada prosessor. Itulah sebabnya mengapa Kingston menamakan memori jenis ini sebagai Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM).SDRAM ini kemudian lebih dikenal sebagai PC66 karena bekerja pada frekuensi bus 66MHz. Berbeda dengan jenis memori sebelumnya yang membutuhkan tegangan kerja yang lumayan tinggi, SDRAM hanya membutuhkan tegangan sebesar 3,3 volt dan mempunyai access time sebesar 10ns.

Dengan kemampuannya yang terbaik saat itu dan telah diproduksi secara masal, bukan hanya oleh Kingston saja, maka dengan cepat memori PC66 ini menjadi standar memori saat itu. Sistem berbasis prosessor Soket 7 seperti Intel Pentium klasik (P75 – P266MMX) maupun kompatibelnya dari AMD, WinChip, IDT, dan sebagainya dapat bekerja sangat cepat dengan menggunakan memori PC66 ini. Bahkan Intel Celeron II generasi awal pun masih menggunakan sistem memori SDRAM PC66.

SDRAM PC100

Selang kurun waktu setahun setelah PC66 diproduksi dan digunakan secara masal, Intel membuat standar baru jenis memori yang merupakan pengembangan dari memori PC66.Standar baru ini diciptakan oleh Intel untuk mengimbangi sistem chipset i440BX dengan sistem Slot 1 yang juga diciptakan Intel. Chipset ini didesain untuk dapat bekerjapada frekuensi bus sebesar 100MHz. Chipset ini sekaligus dikembangkan oleh Intel untuk dipasangkan dengan prosessor terbaru Intel Pentium II yang bekerja pada bus 100MHz. Karena bus sistem bekerja pada frekuensi 100MHz sementara Intel tetap menginginkan untuk menggunakan sistem memori SDRAM, maka dikembangkanlah memori SDRAM yang dapat bekerja pada frekuensi bus 100MHz. Seperti pendahulunya PC66, memori SDRAM ini kemudian dikenal dengan sebutan PC100.

Dengan menggunakan tegangan kerja sebesar 3,3 volt, memori PC100 mempunyai access time sebesar 8ns, lebih singkat dari PC66. Selain itu memori PC100 mampu mengalirkan data sebesar 800MB per detiknya.

Hampir sama dengan pendahulunya, memori PC100 telah membawa perubahan dalam sistem komputer. Tidak hanya prosessor berbasis Slot 1 saja yang menggunakan memori PC100, sistem berbasis Soket 7 pun diperbarui untuk dapat menggunakan memori PC100. Maka muncullah apa yang disebut dengan sistem Super Soket 7. Contoh prosessor yang menggunakan soket Super7 adalah AMD K6-2, Intel Pentium II generasi akhir, dan Intel Pentium II generasi awal dan Intel Celeron II generasi awal.

DRDRAM

Pada tahun 1999, Rambus menciptakan sebuah sistem memori dengan arsitektur baru dan revolusioner, berbeda sama sekali dengan arsitektur memori SDRAM.Oleh Rambus, memori ini dinamakan Direct Rambus Dynamic Random Access Memory. Dengan hanya menggunakan tegangan sebesar 2,5 volt, RDRAM yang bekerja pada sistem bus 800MHz melalui sistem bus yang disebut dengan Direct Rambus Channel, mampu mengalirkan data sebesar 1,6GB per detiknya! (1GB = 1000MHz). Sayangnya kecanggihan DRDRAM tidak dapat dimanfaatkan oleh sistem chipset dan prosessor pada kala itu sehingga memori ini kurang mendapat dukungan dari berbagai pihak.Satu lagi yang membuat memori ini kurang diminati adalah karena harganya yang sangat mahal.

RDRAM PC800

Masih dalam tahun yang sama, Rambus juga mengembangkan sebuah jenis memori lainnya dengan kemampuan yang sama dengan DRDRAM. Perbedaannya hanya terletak pada tegangan kerja yang dibutuhkan. Jika DRDRAM membutuhkan tegangan sebesar 2,5 volt, maka RDRAM PC800 bekerja pada tegangan 3,3 volt. Nasib memori RDRAM ini hampir sama dengan DRDRAM, kurang diminati, jika tidak dimanfaatkan oleh Intel.

Intel yang telah berhasil menciptakan sebuah prosessor berkecepatan sangat tinggi membutuhkan sebuah sistem memori yang mampu mengimbanginya dan bekerja samadengan baik.Memori jenis SDRAM sudah tidak sepadan lagi.Intel membutuhkan yang lebih dari itu. Dengan dipasangkannya Intel Pentium4, nama RDRAM melambung tinggi, dan semakin lama harganya semakin turun.

SDRAM PC133

Selain dikembangkannya memori RDRAM PC800 pada tahun 1999, memori SDRAM belumlah ditinggalkan begitu saja, bahkan oleh Viking, malah semakin ditingkatkan kemampuannya.Sesuai dengan namanya, memori SDRAM PC133 ini bekerja pada bus berfrekuensi 133MHz dengan access time sebesar 7,5ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,06GB per detiknya. Walaupun PC133 dikembangkan untuk bekerja pada frekuensi bus 133MHz, namun memori ini juga mampu berjalan pada frekuensi bus 100MHz walaupun tidak sebaik kemampuan yang dimiliki oleh PC100 pada frekuensi tersebut.

SDRAM PC150

Perkembangan memori SDRAM semakin menjadi – jadi setelah Mushkin, pada tahun 2000 berhasil mengembangkan chip memori yang mampu bekerja pada frekuensi bus 150MHz, walaupun sebenarnya belum ada standar resmi mengenai frekunsi bus sistem atau chipset sebesar ini. Masih dengan tegangan kerja sebesar 3,3 volt, memori PC150 mempunyai access time sebesar 7ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,28GB per detiknya.

Memori ini sengaja diciptakan untuk keperluan overclocker, namun pengguna aplikasi game dan grafis 3 dimensi, desktop publishing, serta komputer server dapat mengambil keuntungan dengan adanya memori PC150.

DDR SDRAM

Masih di tahun 2000, Crucial berhasil mengembangkan kemampuan memori SDRAM menjadi dua kali lipat. Jika pada SDRAM biasa hanya mampu menjalankan instruksi sekali setiap satu clock cycle frekuensi bus, maka DDR SDRAM mampu menjalankan dua instruksi dalam waktu yang sama. Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan secara penuh satu gelombang frekuensi.Jika pada SDRAM biasa hanya melakukan instruksi pada gelombang positif saja, maka DDR SDRAM menjalankan instruksi baik pada gelombang positif maupun gelombang negatif.Oleh karena dari itu memori ini dinamakan DDR SDRAM yang merupakan kependekan dari Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory.

Dengan memori DDR SDRAM, sistem bus dengan frekuensi sebesar 100 – 133 MHz akan bekerja secara efektif pada frekuensi 200 – 266 MHz. DDR SDRAM pertama kali digunakan pada kartu grafis AGP berkecepatan ultra. Sedangkan penggunaan pada prosessor, AMD ThunderBird lah yang pertama kali memanfaatkannya.

DDR RAM

Pada 1999 dua perusahaan besar microprocessor INTEL dan AMD bersaing ketat dalam meningkatkan kecepatan clock pada CPU. Namun menemui hambatan, karena ketika meningkatkan memory bus ke 133 Mhz kebutuhan Memory (RAM) akan lebih besar. Dan untuk menyelesaikan masalah ini maka dibuatlah DDR RAM (double data rate transfer) yang awalnya dipakai pada kartu grafis, karena sekarang anda bisa menggunakan hanya 32 MB untuk mendapatkan kemampuan 64 MB.AMD adalah perusahaan pertama yang menggunakan DDR RAM pada motherboardnya.

DDR2 RAM

Ketika memori jenis DDR (Double Data Rate) dirasakan mulai melambat dengan semakin cepatnya kinerja prosesor dan prosesor grafik, kehadiran memori DDR2 merupakan kemajuan logis dalam teknologi memori mengacu pada penambahan kecepatan serta antisipasi semakin lebarnya jalur akses segitiga prosesor, memori, dan antarmuka grafik (graphic card) yang hadir dengan kecepatan komputasi yang berlipat ganda.

Perbedaan pokok antara DDR dan DDR2 adalah pada kecepatan data serta peningkatan latency mencapai dua kali lipat.Perubahan ini memang dimaksudkan untuk menghasilkan kecepatan secara maksimum dalam sebuah lingkungan komputasi yang semakin cepat, baik di sisi prosesor maupun grafik.

Selain itu, kebutuhan voltase DDR2 juga menurun. Kalau pada DDR kebutuhan voltase tercatat 2,5 Volt, pada DDR2 kebutuhan ini hanya mencapai 1,8 Volt. Artinya, kemajuan teknologi pada DDR2 ini membutuhkan tenaga listrik yang lebih sedikit untuk menulis dan membaca pada memori.

Teknologi DDR2 sendiri lebih dulu digunakan pada beberapa perangkat antarmuka grafik, dan baru pada akhirnya diperkenalkan penggunaannya pada teknologi RAM.Dan teknologi DDR2 ini tidak kompatibel dengan memori DDR sehingga penggunaannya pun hanya bisa dilakukan pada komputer yang memang mendukung DDR2.

DDR3 RAM

RAM DDR3 ini memiliki kebutuhan daya yang berkurang sekitar 16% dibandingkan dengan DDR2. Hal tersebut disebabkan karena DDR3 sudah menggunakan teknologi 90 nm sehingga konsusmsi daya yang diperlukan hanya 1.5v, lebih sedikit jika dibandingkan dengan DDR2 1.8v dan DDR 2.5v.Secara teori, kecepatan yang dimiliki oleh RAM ini memang cukup memukau. Ia mampu mentransfer data dengan clock efektif sebesar 800-1600 MHz. Pada clock 400-800 MHz, jauh lebih tinggi dibandingkan DDR2 sebesar 400-1066 MHz (200- 533 MHz) dan DDR sebesar 200-600 MHz (100-300 MHz). Prototipe dari DDR3 yang memiliki 240 pin. Ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak lama pada awal tahun 2005. Namun, produknya sendiri benar-benar muncul pada pertengahan tahun 2007 bersamaan dengan motherboard yang menggunakan chipset Intel P35 Bearlake dan pada motherboard tersebut sudah mendukung slot DIMM.

ROM

Yaitu Singkatan dari Read Only Memory.Artinya hanya bisa dibaca dan tidak bisa di tulis lagi.Jadi kita hanya bisa mengatur dan merubahnya saja, tetapi tidak bisa digunakan untuk menyimpan yang lainnya selain perubahan settingan. Contoh ROM yaitu

A. BIOS

Bios merupakan singkatan dari Basic Input Output System.Bios merupakan sebuah program atau software antarmuka tingkat rendah yang berfungsi mengendalikan atau mengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer.
Bios disimpan atau ditanamkan di ROM ( read only memory ).

Setiap Motherboard memiliki yang namanya Bios, dan bila bios ini rusak maka kemungkinan besar motherboard tidak dapat digunakan kembali ( kecuali bios di install ulang atau di upgrade ). Karena Bios ditanamkan di ROM, maka kemungkinan kita hanya bisa merubah pengaturan yang telah ada, misalkan kita merubah besarnya memory yang digunakan untuk VGA yang berjenis onboard, atau mengubah waktu dan tanggal, serta mengubah settingan dasar lainnya. Namun yang paling sering dirubah dan perlu diketahui yaitu merubah urutan booting, dan mengecek ada tidaknya suatu komponen komputer yang kita pasang.Misalkan kita memasang harddisk di komputer kita, namun setelah kita cek dibios tidak ada harddisk maka kemungkinan harddisk tidak terpasang dengan benar, jadi bios ini sangat penting peranannya bagi jalannya sistem komputer.

Ada berbagai macam merek Bios, tergantung motherboard yang kita pakai .Yang terkenal yaitu, AMI BIOS, Phoenix BIOS, dll.

Jika anda akan merubah settingan bios, anda dapat melakukannya pada saat proses booting (menyalakan komputer), setiap Bios memiliki cara masing masing untuk masuk ke dalam Menu biosnya, yang paling umum adalah menekan tombol del atau alt+f4. Lihat saja petunjuk yang keluar dilayar monitor pertama kali komputer dinyalakan.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loadersederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut “IBMBIO.COM” (IBM PC-DOS) atau “IO.SYS” (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.

Fungsi Bios
1.Mengenali semua hardware / perangkat keras yang terpasang pada PC / Komputer.
2. Inisialisai ( Penyalaan ), serta pengujian terhadap semua perangkat yang terpasang ( Dalam proses yang dikenal dengan istilah Power On Self Test)
3. Mengeksekusi MBR ( Master Boot record ) Yang berada pada sector pertama pada harddisk, yang fungsinya ialah untuk memanggil Sistem Operasi dan Menjalankannya.
4. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting/urutan booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
5. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

Jenis BIOS yang saat ini sangat banyak digunakan adalah:

  • AWARD BIOS
  • AMI BIOS
  • Phoenix BIOS

Untuk masuk pada menu BIOS ada berbagai macam cara tergantung dari BIOS yang anda gunakan. Untuk Award dan Ami umumnya menggunakan tombol Delete pada saat pertama kali komputer di nyalakan.

Gambar BIOS 1
Gambar BIOS 2


B.
FRIMWARE HANDPHONE

firmware adalah sebuah perangkat lunak yang terpasang pada sebuah media memory mini
pada sebuah perangkat keras yang berisi identitas dan fungsional perangkat keras tersebut.

firmware berfungsi sebagai pengendali perangkat keras.

1.5ALAT ALAT INPUT

Peralatan ini berfungsi untuk memasukkan data dari luar ke dalam processor atau memori komputer sehingga dapat diolah menjadi informasi. Peralatan input terdiri dari beberapa peranti sebagai berikut :

1.Keyboard

Keyboard merupakan media input yang merupakan sarana pendukung utama untuk dapat memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai sarana untuk memberikan perintah dari user (pemakai komputer) melalui tombol-tombol yang ada.

Tombol pada keyboard dapat dibedakan menjadi empat bagian, yaitu :

  • Typewriter Key

Adalah suatu tombol yang berfungsi sama dengan tombol yang ada pada mesin tik.

  • Numeric Key

Tombol ini akan berfungsi sebagai tombol numeric (angka) jika tombol  < Num Lock> lampunya menyala (on). Akan tetapi, jika lampunya mati (of) maka yang berfungsi adalah tombol yang bukan numeric.

  • Function Key

Tombol ini terdiri dari 12 tombol yaitu F1 hingga F12.adapun kegunaannya tidak sama antara satu dengan lainnya, tergantung pada program yang sedang dijalankan.

2.Mouse

Alat ini digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat atau digunakan untuk memberikan perintah secara praktis dan cepat pula. Di dalam mouse terdapat bola kecil yang jika digerakkan akan menyebabkan sinyal-sinyal listrik terkirim ke komputer sesuai dengan pergerakkan mouse.

Central Processing Unit

Fungsi dari CPU adalah untuk memproses dan mengolah data guna mendapatkan informasi sesuai dengan yang diharapkan. Fungsi peralatan yang ada di dalam CPU dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu peralatan proses, peralatan penyimpanan, dan peralatan periferal.

Peralatan proses

Alat yang digunakkan untuk mengolah dan memproses data. Yang termasuk di dalam bahasan peralatan proses adalah processor, ROM, RAM.

  • Processor

Processor adalah salah satu bagian yang terpenting di dalam komputer, karena inilah yang menentukkan jenis suatu komputer.Semakin tinggi kenis processor komputer maka semakin baik pula komputer tersebut.

  • ROM

ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory.ROM berisikan suatu program yang telah ditetapkan oleh penbuat perangkat komputer dan keberadaan program ini tidak dapat diubah, ditambah, maupun dikurangi oleh pemakai komputer.Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada di dalam ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Di antara perintah dari ROM adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di unit sistem, dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun aliran listrik padam.

  • RAM

RAM adalah memory yang dapat diisi dengan program dan data selama aliran listrik masih hidup. Bila aliran listrik padam maka terhapus pula seluruh isinya.Misalnya Anda telah mengetik kurang lebih sepanjang ¾ layar, kemudian aliran listrik padam padahal anda belum melakukan penyimpanan maka hilanglah seluruh data yang ditik tersebut.

1.6 ALAT ALAT OUTPUT

Peralatan keluaran adalah alat yang digunakan untuk menampilkan informasi dari komputer. Peralatan keluaran yang sering digunakan adalah :

  1. Monitor

Alat untuk menampilkan hasil pengetikan pemrosesan data.dalam istilah komputer, informasi atau tulisan yang terlihat pada layar monitor dinamakan soft copy.

  1. Printer

Alat untuk mencetak informasi pada kertas.Dalam istilah komputer, informasi atau segala sesuatu yang telah tercetak di kertas dinamakan hard copy.

  1. Speaker

Alat untuk mengeluarkan suara.biasanya dipakai jika program komputernya sudah berbasis windows atau mltimedia.

1.7 ALAT PENYIMPANAN

Adalah alat-alat untuk menyimpan data, informasi instruksi, maupu program. Ada beberapa peralatan penyimpanan, antara lain :

1.Disket

Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
Cakram liuk “dibaca” dan “ditulis” menggunakan kandar cakram liuk (floppy disk drive, FDD). Kapasitas cakram liuk yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada cakram liuk), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.

Floppy Disk Drive yaitu suatu perangkat yang ada di dalam komputer sebagai asesoris dan pelengkap yang dapat menyimpan data di dalam disket dengan kapasitas rendah. Selain dapat menyimpan data didalam disket floppy disk juga dapat untuk booting computer, di dalam computer terdapat maximal dua floppy disk yaitu flopy “A” dan flopy “B” tetapi biasanya yang terpasang hanya flopy “A “ saja karena kegunaannya sangatlah terbatas.

Menyimpan data dan program :

  • Permanen, tidak tergantung pada catu daya.
  • Backup, cadangan, keamanan.
  • Distribusi, memindahkan.

Cluster : beberapa sector sebagai satu blok data.

Seandainya .

  • 1 cluster = 4 KB, maka
  • File 3 KB memerlukan 1 cluster (4 KB).
  • File 5 KB memerlukan 2 cluster (8 KB).

Standard:

  • FAT16 (DOS, Win31, Win95) = 32 KB.
  • FAT32 (Win98, XP) = 4 KB.

Strorage Floppy Disk.

  • Diketahui disket, free space 100 KB.
  • Seandainya 1 cluster = 4 KB.
  • Disimpan file ukuran 5 KB.
  • Free space saat ini menjadi: 92 KB.

Macam-Macam Floppy Disk.

  • Zipdisk (Iomega) .
  • Superdisk (Imation) .
  • HiFD disk (Sony).

Formatting

  • Soft-sector
  • Hard-sector

Kepadatan rekam

  • Single Density
  • Double Density
  • Quad Density
  • High Density

Sisi rekam

  • Single Side
  • Double Side

2.Hardisk

Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Atau dapat diartikan dengan cakram keras.

Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, hardisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan.

Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.

Hardisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar.Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi.Tidak hanya itu, Hardisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya.

Kecepatan hardisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh.Hal ini dikarenakan hardisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa.Bila tanpa hardisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi.Hal ini tentu saja tidak efisien.

Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut. Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar Data yang disimpan dalam hardisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah hardisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

Dalam perkembangannya kini hardisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar.hardiskkini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire

Sejarah Hardisk

Hardisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956.Hardisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. HDD berlabel RAMAC 305 ini mempunyai kapasitas 5 Mega Bits (MB) atau 5.000.000 bits.Artinya RAMAC 305 hanya bisa menyimpan 5 juta informasi.

Pada tahun 2004, Toshiba company mengeluarkan hardisk drive berlabel HDD-0.85 inchi. Harddisk zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. HDD yang berukuran kurang dari 1 inchi ini mempunyai kapasitas 4 Giga Bits (GB) atau 4 milyar bits, dan menjadi HDD terkecil di dunia

Hardisk yang pada awal perkembangannya didominasi oleh perusahaan raksasa yang menjadi standard komputer yaitu IBM. Ditahun-tahun berikutnya muncul perusahaan-perusahaan lain antara lain Seagate, Quantum, Conner sampai dengan Hewlet Packard’s di tahun 1992.

Pada awalnya teknologi yang digunakan untuk baca/tulis, antara head baca/tulisnya dan piringan metal penyimpannya saling menyentuh. Tetapi pada saat ini hal ini dihindari, dikarenakan kecepatan putar Hardisk saat ini yang tinggi, sentuhan pada piringan metal penyimpan justru akan merusak fisik dari piringan tersebut.

Komponen penyusun Hardisk

Secara umum, komponen-komponen pokok yang menyusun sebuah hard disk terdiri dari:

1. Platter

Piringan, biasanya dibuat dari alumunium yang dilapisi dengan bahan magenetik.Pada permukaan platter inilah data pada hard disk disimpan. Sebuah had disk bisa memiliki beberapa buah platter yang bekerja simultan.

2. Lengan pembaca

Komponen ini menyangga head yang berfungsi untuk membaca/menulis pada permukaan platter.Lengan ini dikontrol melalui sebuah mekanisme yang digerakkan oleh sebuah motor-linear.Mekanisme ini bergerak dengan kecepatan dan presisi yang sangat tinggi.Lengan pembaca pada kebanyakan hard disk saat ini mampu bergerak dari pusat hingga pinggir platter, dan kemudian kembali ke pusat sebanyak 50 kali sedetik.

3. Head baca/tulis

merupakan perantara antara media fisik dengan data elektronik. Lewat head ini data ditulis ke medium fisik atau dibaca dari medium fisik. Head akan mengubah data bit menjadi pulsa magnetik dan menuliskannya ke medium fisik. Pada proses pembacaan data prosesnya merupakan kebalikannya.

Bahan Pembuat Hardisk

Saat ini Hardisk dibuat dengan teknologi material media magnetik disebut thin film.Lebih rapat, masa pakainya, kecil, ringan dari bahan oxide

Proses baca Hardisk

Saat sebuah sistem operasi mengirimkan data kepada hard drive untuk direkam, drive tersebut memproses data tersebut menggunakan sebuah formula matematikal yang kompleks yang menambahkan sebuah bit ekstra pada data tersebut.

Bit tersebut tidak memakan tempat: Di kemudian hari, saat data diambil, bit ekstra tersebut memungkinkan drive untuk mendeteksi dan mengkoreksi kesalahan acak yang disebabkan oleh variasi dari medan magnet di dalam drive tersebut. Kemudian, drive tersebut menggerakkan head melalui track yang sesuai dari platter tersebut.

Waktu untuk menggerakkan head tersebut dinamakan “seek time”. Saat berada di atas track yang benar, drive menunggu sampai platter berputar hingga sector yang diinginkan berada di bawah head. Jumlah waktu tersebut dinamakan “drive latency”. Semakin pendek waktu `seek` dan `latency`, semakin cepat drive tersebut menyelesaikan pekerjaannya. Saat komponen elektronik drive menentukan bahwa sebuah head berada di atas sector yang tepat untuk menulis data, drive mengirimkan pulsa elektrik pada head tersebut.

Pulsa tersebut menghasilkan sebuah medan magnetik yang mengubah permukaan magnetik pada platter. Variasi yang terekam tersebut sekarang mewakili sebuah data. Membaca data memerlukan beberapa proses perekaman. Drive memposisikan bagian pembaca dari head di atas track yang sesuai, dan kemudian menunggu sector yang tepat untuk berputar di atasnya.

Saat spektrum magnetik tertentu yang mewakili data Anda pada sector dan track yang tepat berada tepat di atas head pembaca, komponen elektronik drive mendeteksi perubahan kecil pada medan magnetik dan mengubahnya menjadi bit. Saat drive tersebut selesai mengecek error pada bit dan membetulkannya jika perlu, ia kemudian mengirimkan data tersebut pada sistem operasi.

Sector & Tracks

Tracks adalah bagian dari sepanjanjang keliling lingkaran dari luar sampai ke dalam.Sedangkan sector adalah bagian dari tracks.Sectors memiliki jumlah bytes yang sudah diatur.Ada ribuan sector dalam HD.

Mekanisme Kerja Hardisk

Proses baca tulis dilakukan oleh lengan harddisk dengan media Fisik magnetik. Head hardisk melakukan konversi bits ke pulse magnetik dan menyimpannya ke dalam platters, dan

mengembalikan data jika proses pembacaan dilakukan Hard disk memiliki “Hard platter” yang berfungsi untuk menyimpan medan magnet.

Pada dasarnya cara kerja hard disk adalah dengan menggunakan teknik perekaman medan magnet. Cara kerja teknik magnet tersebut memanfaatkan Iron oxide (FeO) atau karat dari besi, Ferric oxide (Fe2O3) atau oxida lain dari besi. 2 oxida tersebut adalah zat yang bersifat ferromagnetic , yaitu jika didekatkan ke medan magnet maka akan ditarik secara permanen oleh zat tersebut.

3.CD (Compact Disk)

 

Dalam hal ini CD yang digunakan adalah CD-R (CD-ROM), CD-R/W (CD Re-Writable), dan yang saat ini berkembang adalah DVD-R dan DVD R/W. CD Drive merupakan tempat untuk meletakkan CD judul CD-R maupun CD R/W. secara fisik bentuk kedua CD tersebut sama, begiu juga kapasitas penyimpanannya antara 500 MB sampai dengan 800 MB. Namun secara fungsi kedua CD tersebut berbeda. CD-R pun begitu dilakukan burning (pembakaran) tidak bisa dihapus lagi, ini artinya proses pengisian atau penyimpanan data hanya bisa dilakukan sekali. Lain halnya dengan CD R/W, setelah kita melakukan penyimpanan data pada CD tersebut, data kemudian bisa dihapus dan selanjutnya dilakukan pengisian lagi. Meskipun kapasitas penyimpanan datanya lebih kecil dibandingkan dengan hard disk namun kelebihan penyimpanan data dalam bentuk CD adalah selain portable, juga tidak bisa terkenavirus (untuk CD – Read). Kecepatan pembacaan data ditunjukkan dengan kecepatan yang tertera pada perangkat CD/DVD tersebut misalnya CD RW 52 X-24X-52 X.

4.Flashdisk

Flash disk/ flash memory atau dinamakan memori stik ada yang menyebutnya USB drive adalah teknologi penyimpanan sekunder. Flash memory merupakan media penyimpanan yang sangat praktis, karena selain bentuknya yang kecil dan ramping juga memiliki kapasitas penyimpanan yang lumayan besar, selain itu juga pemasangannya sangat mudah yaitu menggunakan port universal serial bus (USB). Apabila kita menggunakan system operasi windows 2000 atau yang lebih baru begitu flash memory ditancapkan pada port USB maka akan mengenali atau mendeteksi drive flash memory tersebut. Kapasitas yang umum beredar di pasaran saat ini antara lain 32 MB, 64 MB, 128 MB, 1GB, 2GB, dan 4GB. Karena kepraktisannya banak pengguna komputer melakukan penyimpanan maupun backup data menggunakan flashdisk

Peralatan Tambahan

Periferal adalah perangkat tambahan yang dipasang untuk lebih mendayagunakan komputer.Perangkat ini ada yang digolongkan sebagai perangkat masukan, processor, dan perangkat keluaran. Alat ini biasanya berbentuk kartu yang harus di pasang pada expantion slot yang terletak di motherboard. Beberapa perangkat tambahan yang biasa digunakan, seperti :

  1. Modem
  2. Music Card
  3. TV Card
  4. Webcam
  5. Headphone

1.8 SISTEM KOMPUTER

 

Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen computer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.
Perangkat computer harus bisa difungsikan secara komperehensif (kompak dan bersama-sama) dalam melaksanakan tugasnya yaitu dalam mengolah data atau informasi.Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan system computer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software, dan brainware. Ketiga elemen system computer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan yang saling mendukung untuk bekerja sama. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikannya dan mengendalikannya

.

 

 

BAB III

PERANGKAT LUNAK / SOFTWARE

Software atau perangkat lunak adalah kumpulan dari program-program dan data-data yang saling terelasi yang memerintahkan apa yang harus diselesaikan komputer. Software mengandung fungsi-fungsi, baik yang mengintruksikan hardware atau yang mengolah atau yang menyediakan fasilitas untuk software lainnya.

Software digunakan untuk memproses informasi, dapat berupa program atau prosedur namun tidak sama dengan program komputer. Software tidak hanya mencakup program, tetapi juga semua dokumentasi dan konfigurasi data yang berhubungan, yang diperlukan untuk membuat agar program beroperasi dengan benar.

Software banyak kegunaanya misal untuk mengontrol hardware, memproses data, menganalisa data, menghasilkan data, banyak kegunaanya tergantung tipe softwareuntuk tujuan apa dari pembuatnya.

1.1  PEMPROSESAN DENGAN PROGRAM

PROGRAM

Program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu.Tanpa program komputer sesungguhnya tidak dapat berbuat apa-apa. Itulah sebabnya sering dikatakan bahwa komputer mencakup tiga aspek penting, yaitu berupa perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) yang dalam hal ini berupa program, perangkat akal (brainware) atau orang yang berperan dalam operasi komputer maupun pengembangan perangkat lunak (operator).

Dengan kata lain, program merupakan salah satu bagian penting pada komputer yang mengatur komputer agar melakukan aksi yang sesuai dengan yang dikehendaki oleh pembuatnya. Program merupakan entitas yang pasif yaitu sebuah file yang berisi kumpulan instruksi-intrukksi yang disimpan di dalam disk.

PROSES

Proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya.

Proses merupakan entitas yang aktif, dengan sebuah program counter yang menyimpan alamat intruksi selanjutnya yang akan di eksekusikan seperangkat sumber daya (resource) yang dibutuhkan agar sebuah proses dapat di eksekusi.

Hardware (perangkat keras) komputer, tidak akan dapat digunakan tanpa kita beri perintah dengan suatu kode atau bahasa pemrograman tertentu, atau yang sering disebut sebagai Software Komputer.

 

1.2APLIKASI SOFTWARE

Software Aplikasi merupakan software yang digunakan untuk melakukan pemrosesan, pekerjaan akhir bagi pengguna akhir (end user) suatu hardware.

contoh : Microsoft Word, Excel. Sofware ini terbagi menjadi 2 klasifikasi yaitu :

A. Sofware Aplikasi Umum

Program yang melakukan pekerjaan pemrosesan informasi umum bagi para pemakai akhir. Contohnya: program pengolah kata (word processing), program kertas kerja (spreedsheet), program program managemen data base, program grafik, adalah program-program yang terkenal diantara para pemakai, mikrokomputer untuk pemakaian rumah, pendidikan, bisnis, keilmuan, dan banyak tujuan lain.

B. Sofware Aplikasi Khusus (Sofware Aplikasi Bisnis)

Tersedia untuk mendukung aplikasi khusus para pemakai akhir dalam bisnis dan bidang lainnya. Contohnya: sofware aplikasi bisnis mendukung perekayasaan ulang dan otromatisasi proses bisnis dengan aplikasi e-bussiness strategis seperti managemen hubungan pelanggan, enterprise resourse planning, dan menegemen rantai pasokan. Contoh lainnya adalah sofware yang dapat diaplikasikan dalam Web seperti electronic commer,atau dalam berbagai area fungsional seperti managemen sumberdaya manusia, akuntansi dan keuangan

1.3 SISTEM SOFTWARE

Sofware Sistem merupakan suatu software yang digunakan mengelola, mendukung operasi sistem dan jaringan.Contohnya : Operation System. Software sistem terdiri dari 2 klasifikasi, yaitu :

A. Program Managemen Sistem.

Merupakan program untuk mengelola hardware, software, jaringan dan sumber daya data dari sistem komputer selama pengoperasian berbagai pekerjaan pemrosesan informasi dari para pemakai. Contoh: dari program managemen sistem penting adalah sistem operasi, program managemen jaringan, sistem managemen database, dan utilitas sistem.

B.Program pengembangan sistem.

Merupakan program-program yang membantu para pemakai untuk mengembangkan program dan mengembangkan program dan prosedur sistem informasi serta yang mempersiapkan program bagi para pemakai untuk pemrosesan melalui komputer. Program pengembangan sofware utama adalah penerjemah dan editor bahasa pemrograman, serta berbagai jenis CASE (computer-aided software engineering) dan al;at pemrograman lainnya.

1.4  INTERFACE DAN PENGGUNAANNYA

 

Tujuan dari UID adalah merancang interface yang efektif untuk sistem perangkat

lunak. Efektif artinya siap digunakan, dan hasilnya sesuai dg kebutuhan.

Kebutuhan disini adalah kebutuhan penggunanya.

Pengguna sering menilai sistem dari interface, bukan dari fungsinya melainkan

dari user interfacenya. Jika desain user interfacenya yang buruk, maka itu sering

jadi alasan untuk tidak menggunakan software. Selain itu interface yang buruk

sebabkan pengguna membuat kesalahan fatal.

Saat ini interface yang banyak digunakan dalam software adalah GUI (Graphical

User Interface). GUI memberikan keuntungan seperti:

1. gampang dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan

komputer cukup minim

2. berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi

Dimungkinkan

3. akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam

tugas/keperluan

Beberapa karakteristik dari GUI dan penjelasannya dapat dilihat pada Tabel 1.

KARAKTERISTIK PENJELASAN
Window Beberapa window bisa tampilkan informasi-informasiberbeda sekaligus pada layar
Icon Mewakili informasi yang berbeda seperti icon untukfile, icon folder atau icon untuk program tertentu
Menu Menawarkan perintah-perintah yang disusun dalammenu tanpa harus mengetik
Pointing Alat penunjuk seperti mouse untuk memilih pilihanpada layar
Graphic Gambar yang bisa dicampur dengan teks pada displayyang sama untuk menyajikan informasi

 

HARDWARE INTERFACES AND SOFTWARE INTERFACES

Interface (computing) atau (Komputerisasi antarmuka)

Di bidang ilmu komputer, sebuah antarmuka adalah alat dan konsep yang mengacu pada titik interaksi antar komponen, dan berlaku pada tingkat hardware dan software.                       Hal ini memungkinkan komponen, baik bagian dari hardware seperti kartu grafis atau sepotong software seperti browser Internet, untuk berfungsi secara independen saat menggunakaninterface untuk berkomunikasi dengan komponen lainnya melalui input / output sistem dan protokol yang terkait.
Selain perangkat keras dan antarmuka perangkat lunak, antarmuka komputasi bisa merujuk ke sarana komunikasi antara komputer dan pengguna dengan perangkat periferal seperti monitor atau keyboard, antarmuka dengan Internet melalui Internet Protocol, dan titik lain komunikasi yang melibatkan komputer.
Antarmuka komputer kebanyakan bi-directional, namun mouse atau adapter grafis adalah uni-directional.

Hardware interfaces (Antarmuka perangkat keras)

Antarmuka perangkat keras yang ada di sistem komputasi antara banyak komponen seperti berbagai bis, perangkat penyimpanan, lainnya I / O device, dll Sebuah antarmuka hardware dijelaskan oleh, sinyal mekanik listrik dan logis di antarmuka dan protokol untuk sequencing mereka (kadang disebut sinyal) [1]. sebuah antarmuka standar, seperti SCSI, decouples desain dan pengenalan perangkat keras komputer, seperti perangkat I / O, dari desain dan pengenalan komponen lain dari sistem komputer, sehingga memungkinkan pengguna dan fleksibilitas produsen besar dalam pelaksanaan sistem komputasi. [1] interface Hardware bisa paralel di mana kinerja adalah penting atau serial mana jarak adalah penting.

Software interfaces (Antarmuka perangkat lunak)

Sebuah antarmuka perangkat lunak dapat merujuk kepada berbagai jenis antarmuka yang berbeda di “level”: sebuah sistem operasi dapat antarmuka dengan perangkat keras yang, aplikasi atau program yang berjalan pada sistem operasi mungkin perlu berinteraksi melalui sungai, dan dalam program berorientasi objek, obyek dalam aplikasi mungkin perlu berinteraksi lewat metode.

Software interfaces in practice (Antarmuka perangkat lunak dalam praktek)

Sebuah software menyediakan akses ke sumber daya komputer (seperti memori, CPU, penyimpanan, dll) dengan sistem komputer yang mendasarinya; ketersediaan sumber daya ini untuk perangkat lunak lain dapat memiliki konsekuensi besar-kadang-kadang bencana yang-untuk fungsionalitas dan stabilitas. Suatu prinsip kunci dari desain adalah untuk melarang akses ke semua sumber daya secara default, yang memungkinkan akses hanya melalui yang jelas titik masuk, interface yaitu.

Jenis-jenis akses yang interface menyediakan antara komponen perangkat lunak dapat meliputi: konstanta, tipe data, jenis prosedur, spesifikasi pengecualian dan tanda tangan metode. Dalam beberapa [yang] kasus, ini mungkin berguna untuk mendefinisikan variabel publik sebagai bagian dari antarmuka.Sering juga menentukan fungsi dari prosedur tersebut dan metode, baik dengan komentar atau (dalam beberapa [yang] bahasa eksperimental) dengan pernyataan logis formal dan prasyarat.

Antarmuka modul perangkat lunak yang sengaja dipisahkan dari pelaksanaan modul itu.Yang terakhir ini berisi kode sebenarnya dari prosedur dan metode yang dijelaskan dalam antarmuka, serta lainnya “swasta” variabel, prosedur, dll. Setiap modul perangkat lunak lain (yang dapat disebut sebagai klien untuk A) yang berinteraksi dengan dipaksa untuk melakukannya hanya melalui antarmuka. Salah satu keuntungan praktis dari pengaturan ini adalah bahwa mengganti pelaksanaan oleh satu lagi yang memenuhi spesifikasi yang samaantarmuka tidak harus menyebabkan gagal-selama penggunaan dari memenuhi spesifikasi antarmuka.

Software interfaces in object oriented languages (Perankat lunak antarmuka dalam bahasa berorientasi objek)

Dalam bahasa berorientasi objek istilah “interface” sering digunakan untuk mendefinisikan tipe abstrak yang tidak mengandung data, tetapi memaparkan perilaku didefinisikan sebagai metode. Sebuah kelas memiliki semua metode yang sesuai dengan interface yang dikatakan mengimplementasikan antarmuka yang.Selain itu, kelas dapat mengimplementasikan beberapa interface,. Dan karenanya dapat dari jenis yang berbeda pada saat yang sama.
Interface adalah maka definisi tipe; mana saja objek dapat ditukar (dalam panggilan fungsi atau metode) jenis obyek yang akan dipertukarkan dapat dinyatakan dalam hal interface bukan kelas tertentu. Hal ini memungkinkan kemudian kode untuk menggunakan fungsi yang sama bertukar jenis objek yang berbeda, maka kode tersebut ternyata menjadi lebih generik dan dapat digunakan kembali [kutipan diperlukan].
Biasanya suatu metode dalam interface tidak dapat digunakan secara langsung; harus ada kelas yang mengimplementasikan bahwa objek yang akan digunakan untuk pemanggilan metode. Sebagai contoh, seseorang dapat mendefinisikan antarmuka yang disebut “Stack” yang memiliki dua metode: mendorong () dan pop () dan kemudian menerapkannya dalam dua versi yang berbeda, katakanlah, FastStack dan GenericStack-yang pertama adalah lebih cepat, tetapi bekerja dengan setumpuk tetap ukuran, dan yang kedua menggunakan struktur data yang dapat diubah ukurannya, tetapi pada biaya kecepatan sedikit lebih rendah.
Pendekatan ini dapat didorong ke batas pendefinisian interface dengan metode tunggal, misalnya bahasa Jawa mendefinisikan antarmuka Readable yang memiliki read tunggal () metode dan kumpulan implementasi yang akan digunakan untuk tujuan yang berbeda, antara lain: BufferedReader, FileReader, InputStreamReader, PipedReader, dan StringReader, atau bahkan kurang, penanda interface Serializable seperti mengandung hampir tidak ada.

Dalam bentuk yang paling murni, antarmuka (seperti di Jawa) harus mencakup definisi-satunya metode dan nilai-nilai konstan yang membentuk bagian dari antarmuka statistipe.Bahasa C # juga memungkinkan definisi untuk memasukkan sifat yang dimiliki oleh objek, yang diperlakukan sebagai metode dengan gula sintaksis, tetapi tidak ada konstanta (berbeda dengan Jawa), konstruktor, desktruktor, bidang, jenis bersarang, atau operator.

Programming to the interface (Pemrograman ke antarmuka)

Penggunaan interface memungkinkan gaya pemrograman disebut pemrograman untuk antarmuka. Ide di balik ini adalah untuk logika dasar pemrograman pada interface dari objek digunakan bukan pada rincian implementasi internal. Pemrograman untuk antarmuka mengurangi ketergantungan pada spesifik implementasi dan membuat kode lebih reusable. Ini memberikan programmer kemampuan untuk kemudian mengubah perilaku sistem dengan hanya menukar obyek yang digunakan dengan yang lain mengimplementasikan antarmuka yang sama.
Mendorong ide ini ke inversi, ekstrim kontrol daun konteks untuk menyuntikkan kode dengan implementasi spesifik dari interface yang akan digunakan untuk melakukan pekerjaan

1.5 PENGERTIAN OS PADA KOMPUTER

Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user.Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software.selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain. Di bawah ini merupakan tampilan antarmuka sistem operasi Windows 7, Linux (ubuntu), dan Mac OS X

tampilan antar muka windows 7

tampilan antar muka linux Ubuntu

Tampilan antar muka sistem operasi Mac OS X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

KESIMPULAN

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Agar dapat digunakan untuk memproses data diperlukan dua perangkat yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, yaitu :

1. Perangkat keras komputer (hardware); dan

2. Perangkat lunak komputer (software).

Hardware (perangkat keras) komputer, tidak akan dapat digunakan tanpa kita beri perintah dengan suatu kode atau bahasa pemrograman tertentu, atau yang sering disebut sebagai Software Komputer (perangkat lunak).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Blog di wordpress.com

Purwanto,Edi. 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Blog-blog di http://www.google.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s