Essay diri sendiri

ARIYANTO HAMID

201243500713

X1H

Bekasi,27 desember 2012

Saya ARIYANTO HAMID lAhir di Bekasi tanggal 25 April 1993,tinggal bersama Orang tua,kakak,adik ya alhamdulilah lengkap di Jalan Togon rt 03/29 no:35 Bulak sentul,Harapan jaya,Bekasi.Semenjak kecil saya suka sekali bermain laying-layang,karambol,gangsing,dan lain-lain.nah saya TK di Wirawati tapi sekarang TK nya udah ga ada alias di bangun pertokoan.Sejak TK saya sudah sangat senang sekali karena sudah bisa bersekolah kerena sudah bisa bersekolah karena kakak saya sendiri tidak merasakan TK,jadi saya termasuk bahagia dan beruntung bisa menikmati TK.Sejak TK saya mulai senang kan tau sendiri TK mah belajar sambil bermain,udah gitu banyak temen juga terus juga pasti di bekelin makanan sama orang tua bocah banget dah

kalo mau tau selengkapnya baca aja sendiri

Kemudian saya memasuki SD Harapan Jaya 3 dimana saya Sekolah di Seroja Kompleks Korban Perang Timor-timor,teman-teman saya kebanyakan Bapaknya itu seorang TNI (Tentara Nasional Indonesia) wow mantep ya..tapi saya melihat Bapak temen saya gimana gitu, tau sendiri namanya juga tentara jadi ada bagian dari tubuh mereka yang hilang,serem sih tapi ya dia pejuang loh..jangan salah dia yang berjuang melawan penjajah.sejak kecil saya suka jail,bercanda ya kaga bisa diam,pecicilan kata orang mah.namanya juga masih kecil ya..wajar lah,heheh…nah pas SD waktu kelas 1 mah masih dia anterin sama orang tua ya tau sendiri masih bocah,orang tua pasti takut kenapa – kenapa pastinya,enak sih di bonceng pake sepeda gimana gitu ,hahah nah pas kelas 2 dan seterusnya baru naik sepeda sendiri yaaa udah gede giru masa di boncengin mulu.setiap pulang bisa bareng – bareng sama temen ngobrol – ngobrol becanda – becanda asik deh waktu SD mah masih bisa main-main hehehe nah sejak kecil juga saya sudah di ajarin mengaji yaa tau sendiri namanya ngaji itu belajar apa pastinya Agama lah..masa congklak,hahaha nah waktu ngaji itu saya sering ikut festifal cabe rawit lomba hafalan surat,doa-doa..pernah juga ikut MTQ saya lomba hafalan surat tapi ga menang hahah cape deh tapi ya pengalaman itu penting buat masa depan kita bener gaa…pas kelas 6 juga kan pernah masuk tv loh asik kan,saya ikut sama temen-temen sekelas ikut acara kuis di SCTV kenapa bisa ikut,karena temen SD saya di acara kuis itu bapaknya sebagai Produser jadi ya bisa lah ikut acara kuis mah,ketemu Irfan Hakim asik deh..pas kelas 6 deh nah waktu ujian sekolah ujian praktek,sampe ujian nasional aduh pikiran takut banget kaga lulus ya tau sendiri kalo ga lulus udah ngulang setahun malu juga,orang tua pasti malu juga lah..kan kayanya kita bodh mat gitu.kaga lulus pas ujian nasional.pas ujian praktek tuh yang seru kata ujian praktek tapi enak buat-buat eksperimen kalo IPA,musik apalagi suruh main piano tapi terserah kita sih mau main suling atau main gitar.nah saya ga bisa main alat musik tapi ya saya belajar dikit-dikit main piano kecil apa tuh namanya..lupa juga.haduh ojan….ada lagi praktek olahraga prakteknya apa coba kalo tau,sepak bola..ah bukan tenis meja..ahh bukan juga lari kan,pastinya kalo lari mah..ada lagi prakteknya senam mas bro hahaha tapi enek sih kan badan kita juga jadi sehat bener kan,pas ujian sekolah juga sama saya banyak ga tau nya hahaha tapi yaa saya harus bisa ya saya deketin anak yang pinter di kelas minta ajarin kali aja ketularan kan pinternya mana pernah kita tau kan yang penting kita udah usaha.sering juga belajar kelompok kadang juga sama cewe ya gitu perjuangan biar nambah ilmu biar ujian sekolah lulus sama ujian nasional pastinya.akhirnya waktu ujian nasional datang nih deg-deg ser gitu jantung mah..tapi karena dari pengajian juga di beri resep biar lancer barokah ujian nasionalnya ya kita harus yakin aja deh..(ko resep dokter emangnya) hahaha..wadu pas ngerjain soal tuh aduh gampang….gampang cepet pusing pastinya susah abis nah singkat cerita udah selesai deh tuh ujian nasional tinggal nunggu hasilnya aja,lama cuy nunggunya tapi enak liburnya lama hahaha main mulu dah,apalagi pas musim layangan wah main layangan mulu dah item item dah yang penting kan seneng,bahagia dari pada sedih kan.akhirnya waktu pengumuman hasil ujian nasional di umumkan kita dating dah tuh ke sekolah pas liat alhamdulilah lulus seneng banget akhirnya perjuangan selama 6 tahun kelar,dan alhamdulilahnya juga ga ada yang yang ga lulus jadi lulus 100 %.

Perjuangan pertama sudah lewat,perjuangan selanjutnya udah menunggu nih yaitu masuk SMP negeri,saya mencoba SMP 5 bekasi tuh,tetapi karena ada nilai yang kurang ya terpaksa gugur sebelum bertempur,tapi kan SMP ga cuma itu aja,saya coba SMP 25 bekasi saya datang kesana sama ibu saya daftar lalu tanggal sekian tes,nah pas waktu test tuh tegang juga gimana ya takut gagal pastinya,ternyata eh ternyata pengawas ruangan saya itu temen ngaji bapak saya,dan orang yang anterin saya kalo lomba,asik sih ya sedikit-dikit di kasih tau,hehehe kan dia guru B.indonesia,singkat cerita pas waktu pengumuman saya datang ke sekolah itu dan melihat hasilnya alhamdulilah lulus dan di terima di smp 25 seneng benget,nah yang kocaknya lagi kan syarat mau masuk itu rambutnya harus cepak ya..pendek deh ga harus cepak,tapi bapak saya mau saya cepak kan persyaratan jadi dari sana kata bapak saya,yaudah saya mau di cukur sama bapak saya sendiri loh…eh pas udah selesai cukur ya..BIMSALABIM saya lihat hasilnya di kaca Astagfirullahaldzim rambut saya kaya gogon,rambut di sisain gitu di depan,kaya kuncuy gitu..saya nangis kan malu banget,kata bapak saya cepak jaman dia itu kaya gitu,lah itu kan jaman dulu bukan jaman sekarang..cekcok dah tuh ibu saya sama bapak saya, ibu saya sudah ada perasaan gimana gitu dan suruh saya ke potong rambut.tapi ya nasi udah jadi bubur..mau gimana lagi.nah alhamdulilahnya pas di smp saya lumayan di kelas.sampai kelas 3 saya juga masih lumayan sampe-sampe pas kelas 3 itu cuma 2 orang cowo yang masuk 10 besar termasuk saya dan temen saya yang tak lain kakak temen saya mantan guru ngaji saya..hahaha.nah pas ujian nasional ini yang agak pusing,gimana ga pusing mata pelajaran di tambah yaitu IPA aduh jadi beban juga sih tapi ya tetap semangat dan berjuang aja semoga lulus,singkat cerita saya lulus ya nilainya lumayan lah ga jelek-jelek amat,nah pasti pas lulus mau nerusin kan ke SMA atau SMK saya dapat pmdk tuh di SMA 4 nilai-nilai kan di total nilai saya pas lah,tapi karena pas smp kepala saya sering sakit jadi ke ganggu lah dalam belajar,saya berpikir kalo masuk sma waduh dari pada nanti malah tambah sakit kepalanya,

Saya memutuskan masuk SMKdan saya daftar di SMK Al-akhyar 2 di cakung,kata orang sih sekolah itu sering di sebut al-assoy alias sekolah raja tawuran,mantap nih hahaha cowo banget kan tapi saya ga termasuk orang yang suka tawuran,anak baik-baik.nah pas masuk si smk itu pasti ada perbedaan pas sekolah SD dan SMP kenapa…kenap…kenapa…karena di SMK mayoritasnya anak laki semua paling anak cewe nya bisa di hitung dengan jari.di smk saya ambil jurusan pulo gadung,hahah angkot kali ??? saya ambil jurusan Listrik,nyetrum-nyetrum gitu dah..kenapa ga ambil otomotif,karena saya males banget main sama oli,haha ogah kotor-kotoran males gila..nah pas sekolah dan mos (masa orientasi siswa) saya tuh terkenal kenapa ??karena saya adik dari ketua osis waktu itu dan kakak saya juga terkenal juga bukan sombong loh…kan cerita aja,kaga ada yang berani ngerjain saya waktu itu pada takut semua,hahahah kasian deh lu….nah waktu itu saya perwakilan siswa untuk jurusan listrik ya seneng lah..kan merasa terhormat gitu.nah pas waktu sekolah biasa di sekolah ada pergantian ketua osis,sekalian pelantikan paskibra sekolah hahaha seneng banget,pas pelantikan paskibra sekolah asem di kerjain abis-abisan galak-galak senoirnya buset dah…tapi tetep seneng lah,kan bisa masuk ekskul paskibra (pasukan pengibar bendera) walaupun tingkatannya sekolah hehehe,kan gimana ya kalo liat pengibaran di istana wah..keran banget gaga,pake jas putih,gerakannya rapih banget.maka dari itu saya masuk ekskul itu,dan kakak kelas saya ada yang jadi PASKIBRAKA (pasukan pengibar bendera pusaka) yang mengibarkan dikantor walikota Jakarta Timur tapi kakak senior saya ada juga pada saat 17 agustus mengibarkan di provinsi DKI Jakarta waktu itu Bapak Sutiyoso Gubernurnya,wah saya makin tertari banget.bersamaan dengan itu juga pengurus osis juga dig anti saya ikut osis juga saya juga kaget saya masih kelas 1 sudah dapat jabatan sebagai wakil ketua osis,ehm…ya ga tau juga tapi ya itu amanah jadi saya kerjakan juga.nah saat kelas 1 juga saya ikut seleksi untuk jadi paskibraka pertama-tama seleksi di sekolah dulu,persyaratannya itu harus masuk 10 besar di kelas.alhamdulilah saya masuk 10 besar jadi saya lulus di sekolah dan juga di ukur tinggi,berat badan juga.pas udah lolos saya melanjutka seleksi di tingkat kecamatan nah itu sekolah sma se-derajat se cakung pada ikut seleksi wah rame banget dan saingan juga pasti berat tapi bekal saya sudah lumayan,saya push up biar tangan kuat,sama banyak makan biar agak gemukan hehehe sama ilmu pengetahuan pastinya dan baris-berbaris.nah saya test ukur tinggi,berat badan baris berbaris,wawancara waduh susah banget tesnya.nah tesnya itu sampai sore aduh pusing deh..tapi pas pengumuman saya ternyata lolos untuk tes ke tingkat wilayah terpilih 50 pasang,dari kecamatan banyak kan.alhamdulilahnya saya di dukung dari sekolah saya,kepala sekolah,sama temen-temen jadi makin semangat deh..nah waktu tes di wilayah akhirnya datang.gila rame banget wilayah Jakarta Timur terdiri dari 10 kecamatan kalo ga salah,lupa saya…di kali dah tuh 50 pasang(100 0rang) 1000 orang cuy banyak banget kan,tes di wilayah itu sendiri berlangsung selama 3 hari,tes pertama itu tes fisik adah..lari cuy berpa kilo ya..lupa itu di kasih waktu 12 menit waduh berat sekali.tapi ya saya usaha aja,kerennya saya tercepat di kecamatan cakung..hebat kan..pas sore pengumuman deh yang lolos siapa,alhamdulilah saya lulus,dan lanjut ke hari ke-2,nah di hari kedua itu tesnya lebih berat lagi,tes pengetahuan,baris berbaris,sama di jemur di tempat panas..adah berat banget tapi karena temen,kepala sekolah saya datang saya harus masuk jadi paskibraka,magrib pun tiba waktu pengumuman di kasih tau,alhamdulilah saya lolos buat hari ke-3,sisa 250 orang(laki perempuan) hari ketiga tesnya itu kesenian jakarta,dan wawancara, saya menampilkan kesenian dari Jakarta yaitu nari betawi ya gitu deh kalo cowo nari masih agak kaku,hahaha terus langsung tes wawancara aduh deg-deg an banget nah akhirnya tes terakhir selesai dan yang lolos ini yang akan mengibarkan di walikota,saya bersyukur saya saya lolos dan di terima jadi paskibraka.senengnya bukan kepayang deh..tapi ya itu bukan karena hasil sendiri tapi banyak yang dukung ga cuma hasil kerja sendiri,lalu pas udah di terima itu banyak kegiatan,dari seminar sampe-sampe ESQ tapi dari senior kan kebanyakan senior jadi orang sukses jadi banyak jadi pembicara atau orang yang memotivasi kaya Bapak Mario Teguh dah,banyak kegiatan kaya mecahin botol pake pikiran cuy,hahaha aneh bin ajaib kan tapi ya itu ilmunya kalo pikiran kita di fokusin yaudah kekuatan sekitar jadi kuat yang bisa mecahin botol akhirnya tapi bukan sulap loh..atau pake jin gitu tapi ini hasil dari energi yang kita miliki,wah baru pertama kali liat kaya gitu,mantep banget jadi rasa ingin lanjut seterusnya itu jadi pengen banget sampe jadi Purna Paskibraka Indonesia,terus kegiatan selanjutnya itu kita di coba gimana kita jadi suka sama kegiatan latihan sampe jadi paskibraka,kan tau sendiri kalo latihan kaya gimana panas-panasan push up,dan lain-lain deh,ya paskibraka kan semi militer gitu.tapi yang penting itu punya jiwa paskibraka nya…nah latihan itu kurang lebih sampe 3 bulan,terus dari 35 pasang di pilih 15 pasang buat seleksi di Provinsi alhamdulilahnya dari Jakarta Timur terpilih 3 pasang buat megibarkan di Provinsi,nah sisanya jadi ngibarin di walikota nah buat pasukan inti seperti Pengibar Bendera,Komandan,dan Pembawa Baki,alhamdulilah saya dapet jadi nominasi jadi pengibar bendera dan yang tidak terpilih jadi nominasi ya jadi di pasukan,pas latihan juga bikin formasi tiap orang itu di tukar-tukar terus jadi kita ga mesti di tempat itu terus,wah bingung kita harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang yang kita ganti,tapi rata-rata yang jadi paskibraka itu ketua osis,sampe perangkatnya deh.waduh ga kebayang dah tuh..banyak kegiatan,terus juga yang jadi itu ada yang kelas 1 naik kelas 2,dan kelas 2 naik kelas 3,nah tiap hari itu kegiatannya ya latihan terus,kan buat formasi ga segampang balik telapak tangan,susah…terus juga tiap-tiap nominasi harus belajar dan fokus sama nominasi kita,dan juga latihan pengukuhan wah susah juga..sama deh kaya pengibaran,padahal mah tampilnya Cuma 15 menit,tapi latihannya berbulan-bulan,hahaha ya namanya biar sempurna jadi harus di siapkan mateng-mateng..nah akhirnya tanggal 16 agustus 2009 saya dan teman-teman di kukuhkan,dan jadi paskibraka,saya pengibaran pagi di posisi pasukan 45 komandan pasukan dari anak Labschool cuy gila dia tingginya 180 ke atas tinggi amat ya..dan untuk penurunan bendera saya di posisi pengibar bendera tepatnya jadi penopang dan besoknya waktu tempur kita telah tiba besok kita semua itu ada rasa beban yang tinggi karena bila pengibaran gagal ya kita malu dan latihan selama ini ya di bilang percuma,karena dari awal pengibaran di walikota sampe sebelum saya belum pernah gagal,lalu pasukan pun tampil dengan rasa percaya diri bendera di ambil oleh pembawa baki,bendera pun di ambil penopang terus bendera pun di bentangkan dan di tariklah bendera alhamdulilah bendera naik,dan berkibar lah sang saka merah putih di walikota kemudian pasukan kembali lagi ke tempat semula kita semua nangis bahagia,karena bendera berkibar dengan baik,dan sukses mengibarkan bendera dan meneruskan estafet pengibaran berjalan dengan sukses.dan kita setelah pengibaran jadilah Purna Paskibraka Indonesia,sama tingkatan dengan yang nasional yang membedakan hanya tempet pengibaran dan keberuntungan.wah semua itu pengalaman yang tak terlupakan bagi hidup saya dan sorenya kita semua menurunkan bendera sang saka merah putih sama seperti pengibaran saya kali ini beda posisi saya sebagai penopang dan bertugas menurunkan bendera,lalu melipat bendera,dan memberikan ke pembawa baki,dari pembawa baki itu lalu di kembalikan ke Pembina upacara..tugas selesai kita semua sudah tenang,dan kita di ajak ke curug cilember untuk refresing agar semua ke penatan selama ini hilang,dan hati pun bahagia dan disana kita berterima kasih kepada senior dan pelatih yang telah melatih,membimbing,saya dan teman-teman berhasil mengibarkan,dan menurunkan bendera.lalu saya pulang dan bertemu orang tua saya mengucapkan terima kasih karena selalu dukung saya,dan bersyukur pada Allah telah memberikan kelancaran dan kebarokahan pada kita semua.lalu saya kembali ber sekolah seperti biasa dan agak ketinggalan pelajaran karena banyak izin untuk latihan.

Pas di sekolah saya menjadi pelatih paskib di sekolah,ya kasih pnegalaman saya kepada junior saya biar ada lagi seperti saya kalo bisa ya lebih dari saya,terus saya juga di calonkan untuk jadi ketua osis,waduh suatu penghormatan bisa di calonkan jadi ketua osis ya saya bersama tim sukses saya membuat visi dan misi jadi ketos dan kampanye ke semua sekolah biar hasil suara saya lebih dari calon yang lain pas pemilihan pun tiba,alhamdulilah saya menang dalam suara,ya saya jadi ketos lalu buat deh strukturnya…dan lain-lain deh…akhirnya saya menuju kelas 3 SMK ,lalu saya seperti biasa mempersiapkan untuk ujian nasional,ujian praktek,dan ujian sekolah..pertama saya ujian sekolah,alhamdulilah lancer ujiannya,lalu kemudian saya ujian praktek jurusan nih,waduh,,lebih deg-degan dari ujian sekolah…alhamdulilah saya bisa dalam ujian praktek ini walaupun selesainya kurang dari teman saya yang cepat sekali,tapi saya mengerjakan dengan teliti dan rapi aja,ddan intinya pas di coba bener pastinya…terus ujian nasional deh wah beban lebih berat tapi ya bukan halangan…singkat cerita pengumuman telah di umumkan,alhamdulilah saya lulus dengan nilai tertinggi di sekolah ya alhamdulilah bersyukur sama Allah.ya terus saya sama teman-teman perpisahan sekolah ya kita semua sedih plus seneng tapi itu lah perpisahan.ya itu kenang-kenagan saya.terimas kasih.

Tinggalkan Balasan

